Upacara Pembaretan Baja Angkatan XLV di Pantai Tablolong, Wakapolda NTT : Maknai Kegiatan Ini dan Implementasi Pada Saat Bertugas

Upacara Pembaretan Baja Angkatan XLV di Pantai Tablolong, Wakapolda NTT : Maknai Kegiatan Ini dan Implementasi Pada Saat Bertugas

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si pimpin upacara pembaretan terhadap 224 Bintara Remaja (Baja) Angkatan XLV Polda NTT.

Tradisi pembaretan terhadap Brigadir lulusan Tahun Anggaran 2020/ 2021 ini dilakukan di Pantai Tablolong, Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Minggu siang (15/8/2020).

Hadir dalam upacara ini, Dirsamapta Polda NTT, Karorena Polda NTT, Kabiddokkes Polda NTT, Kabidhumas Polda NTT, Kabidkeu Polda NTT, Kabid TIK Polda NTT, KA SPKT Polda NTT dan Danramil Kupang Barat yang diwakili oleh Babinsa Tablolong serta Para Perwira Lingkup Ditsamapta Polda NTT.

Sebelum penyamatan Baret, ke 224 Bintara Remaja ini mengikuti sejumlah kegiatan antaralain, long march dari Mapolda NTT menuju Pantai Tablolong, kerja Bhakti, penyaluran Bantuan Sosial dan kegiatan lainnya.

Upacara ini ditandai dengan penyiraman air kembang dan penyamatan baret kepada perwakilan Bintara Remaja oleh Wakapolda NTT.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si menyampaikan bahwa, kegiatan pembaretan yang diaksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, memupuk disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas dan kebersamaan.

"Serta juga mempunyai makna yang khusus sebagai momentum bergabungnya Bintara Remaja di Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur secara khususnya di Direktorat Samapta", ujar Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si.

Dikatakannya, momentum pembaretan Bintara Remaja Angkatan XLV kali ini bertepatan dengan momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76.

"Pengalaman serta sukses yang telah dicapai para pejuang kemerdekaan, kita jadikan motivasi untuk lebih maju dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kita di masa yang akan datang", kata Wakapolda NTT.

Wakapolda NTT berharap kepada para Bintara Remaja Angkatan XLV dapat mengambil makna dari kegiatan pembaretan ini untuk diimplementasikan saat bertugas kedepan.

Oleh karena itu, Kedepan para peserta dapat mengambil makna dari kegiatan ini untuk diimplementasi pada saat bertugas", harapnya.

Pada kesempatan ini, Wakapolda NTT menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan pembaretan.

"Secara pribadi saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kegiatan pembaretan ini dapat berlangsung dengan lancar, tertib dan aman", ucapnya.

"Dengan iringan doa semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa serta senantiasa dapat menjalankan tugas - tugas pengabdian kita dengan baik dalam melayani masyarakat Bangsa dan Negara", tandasnya.