Upacara Penyerahan Pataka Polda NTT Catya Turangga Wira Sakti Tandai Pergantian Kapolda NTT

Upacara Penyerahan Pataka Polda NTT Catya Turangga Wira Sakti Tandai Pergantian Kapolda NTT

Tribratanewsntt.com - Dengan berakhirnya tugas dari Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum sebagai Kapolda NTT yang kini menjabat Kapolda Maluku, maka penyerahan Pataka Polda NTT Catya Turangga Wira Sakti turut diserahakan kepada pejabat baru Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Penyerahan Pataka Polda NTT Catya Turangga Wira Sakti berlangsung dalam upacara yang digelar di Lapangan Utama Mapolda NTT, Jumat (31/12/2021).

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT Drs. Josef Nae Soi, M.M, Forkopimda NTT, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si, pejabat utama Polda NTT dan para Kapolres jajaran serta Bhayangkari Daerah NTT.

Upacara penyerahan Pataka merupakan tradisi dalam rangkaian kegiatan serah terima jabatan Kapolda di Polda NTT.

Dalam amanat Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum mengaku bangga dan berterima kasih karena pernah melaksanakan tugas sebagai Kapolda NTT dengan penuh suka duka dan keterbatasan namun selama satu tahun empat bulan bisa dilalui dengan baik.

“Satu tahun empat bulan, saya bersama rekan-rekan sekalian, penuh dengan suka dan duka dalam pelaksanaan tugas di Nusa Tenggara Timur, tetapi saya merasa kebanggaan saya dan saya merasa terhormat bisa bertugas bersama rekan-rekan sekalian di Polda Nusa Tenggara Timur yang penuh keterbatasan tetapi kita mampu melaksanakan tugas sejajar dengan Polda-polda yang lain”, ungkap Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Program Presisi Kapolri dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, memelihara kamtibmas, penegakan hukum, melindungi, mengayomi dan melayanai masyarakat. Untuk itu kembali saya menyampaikan rasa bangga saya, rasa terima kasih saya, saya diberikan kesempatan untuk mempimpin Polda Nusa Tenggara Timur ini”, tambahnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur NTT dan seluruh Forkopimda NTT yang selama ini bekerja sama melaksanakan program-program pemerintah khususnya penanganan Covid-19 di wilayah NTT.

“Alhamdulilah Provinsi Nusa Tenggara Timur ini pencapaian vaksinasinya sudah hampir 68 persen sesuai dengan target 70 persen. Ini merupakan hal yang membanggakan dan itu semua berkat kerja sama, berkat sinergitas dan kebersamaan dalam pelaksanaan tugas”, ujarnya.

Dikatakannya, seluruh tugas yang diembankan oleh pimpinan, dalam memelihara kamtibmas, penegakan hukum, memberikan bantuan sosial, penanganan bencana alam bahkan juga memberikan perbantuan operasi-operasi ke daerah Papua dan semuanya dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

“Ini semua berkat kesungguhan rekan-rekan sekalian, dedikasi, loyalitas dan integritas tanpa batas kepada kesatuan ini. Pemimpin boleh berganti, Kapolda boleh berganti, tetapi system hukum, system yang berjalan di Polda ini harus berjalan sesuai ketentuan yang berlaku”, katanya.

Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum pun menyampaikan permohonan maaf apa bila selama memimpin ada hal dan kekurangan yang belum dapat memenuhi semua harapan. Selain itu, ia pun memohon doa restu atas tugas baru yang diemban yakni, sebagai Kapolda Maluku.

“Muda-mudahan saya juga dapat melakukan yang terbaik di Polda Maluku seperti saat saya melaksanakan tugas di Polda Nusa Tenggara Timur, dimana Nusa Tenggara Timur ini terkenal sebagai Nusa Terindah Toleransi di Indonesia”, harapnya.

Jenderal bintang dua ini juga berharap, Polda Nusa Tenggara Timur di bawah kepemimpinan Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H selaku Kapolda yang baru akan memberikan warna baru.

Sementara itu, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Bidiyanto, S.H., M.H menyampaikan ucapan terima kasih kepada Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum yang telah melaksanakan tugas di Polda Nusa Tenggara Timur dengan sangat luar biasa.

“Hal ini saya bisa melihat dari segi soliditas, kekompakan kemudian kerja sama seperti yang terlihat. dari kehadiran pagi ini. Banyak pencapaian prestasi yang telah dilakukan oleh Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. Pencapaian-pencapaian tersebut, terlihat dilakukan semuanya berkat dukungan dari seluruh anggota Polda Nusa Tenggara Timur. Kemudian didukung oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur”, ujar Irjen Pol Drs. Setyo Bidiyanto, S.H., M.H

Dikatakannya, Hal ini tentunya manfaaatnya sangat dirasakan dalam situasi pandemic covid-19, saat bencana alam dan hal-hal lain yang diperlukan oleh seluruh masyarakat. Polda NTT dapat melaksanakan tugas tanggung jawab dan fungsinya dengan sebaik-baiknya.

Sebagai pejabat baru, ia berharap dan meminta kepada seluruh pejabat utama dan seluruh anggota Polda NTT agar dapat mendukungnya selama melaksanakan tugas di Polda NTT seperti dukungan yang selama ini diberikan kepada pejabat yang lama.

“Saya berharap bahwa, kita dapat tetap menjaga marwah, harga diri, posisi Polda Nusa Tenggara Timur yang telah disampaikan tadi oleh bapak Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum bahwa dengan segala keterbatasan, kekurangan tetapi dapat disejajarkan dengan Polda-polda lainnya”, harap Kapolda NTT.

Disebutnya, itu semua dapat dilaksanakan atau bisa berjalan dengan baik apabila kita memiliki semangat, motifasi, dedikasi dan loyalitas serta ingin melakukan pencapaian-pencapaian prestasi yang lebih baik dan terus ditingkatkan tanpa pamrih.

Kemudian kepada Pemerintah Provinsi NTT, Forkopimda NTT dan  Kepala Satuan TNI yang di Nusa Tenggara Timur serta kepada seluruh jajaran lainnya, Kapolda NTT juga berharap dapat bekerja sama, koordinasi dan kolaborasi dengan sebaik-baiknya.

“Dengan kegiatan tersebut yang kita lakukan secara baik, kita berharap atau Polda Nusa Tenggara Timur berharap bahwa, program pemerintah khususnya menyangkut masalah penanganan pandemik Covid-19 sampai saat ini masih ada bahkan ada varian baru dapat dilakukan penanganan terutama dalam pemberian vaksin dengan lebih baik lagi”, harapnya.

“Pencapaian 69,9 persen yang sudah dilakukan merupakan bukti keseriusan Polda Nusa Tenggara Timur  dengan didukung oleh stakeholder yang lain telah menjalankan perintah dari pimpinan kita bapak kapolri untuk melaksanakan vaksin dengan baik, dengan cepat dalam rangka mengurangi terjadinya penyebaran virus corona”, tambahnya.

Kapolda NTT juga menekankan bahwa, banyak kebijakan-kebijakan pemerintah yang harus didukung oleh Polda NTT selaku aparat penegak Hukum yang melakukan kegiatan penegakan hukum namun demikian juga ada kegiatan perlindungan, pelyanan dan pengayoman terhadap masyarakat.

“Kalau kita ingin Polda Nusa Tenggara Timur, secara khusus dan secara umum Provinsi Nusa Tenggara Timur ini lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera maka, kita harus mendukung program pemerintah dalam hal percepatan investasi. Kita sebagai penegak hukum jangan melakukan hal-hal yang di luar aturan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berikan rasa keadilan, kesetaraan, tidak ada diskriminasi semua sama di mata hukum”, tegasnya.

Ia pun menyampaiakan bahwa, marwah, harga diri Polda NTT yang telah dipupuk, yang telah dibina oleh pejabat lama bapak Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum sekali lagi saya minta semuanya dari mulai jajaran tertinggi di Polda NTT samapai di tingkat Pos Pol ataun Polsubsektor di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur ini tetap menjaga marwah dan harga diri.

“Karena itu, merupakan landasan, pedoman pegangan kita untuk bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya tanpa ada kepentingan apapun”, tandasnya.