Upaya Meminimalisir Pelanggaran Anggota, Provost Polda NTT Gelar Gaktiblin di Polres Malaka

Upaya Meminimalisir Pelanggaran Anggota, Provost Polda NTT Gelar Gaktiblin di Polres Malaka

Tribratanewsntt.com - Provost Polda NTT melakukan kunjungan ke Polres Malaka. Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan kegiatan penegakan ketertiban kedisiplinan (gaktiblin) atau pengecekan personel yang meliputi sikap tampang dan perlengkapan administrasi personil sebagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan anggota, Senin (25/10/2021).

Gaktiblin tersebut dipimpin oleh Kanit Hartib 2 Subbid Provost Bidpropam Polda NTT Iptu Yorsen H. I. Bilaut bersama tiga personil Provost Polda NTT dilaksanakan di Lapangan Mako Polres Malaka dengan diikuti seluruh anggota Polres.

Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan sikap tampang Anggota ini merupakan kegiatan rutin sebagai upaya menuju Polri yang Presisi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Saat dikonfirmasi, Selasa (26/10/2021) Kanit Hartib 2 Subbid Provost Bidpropam Polda NTT Iptu Yorsen H. I. Bilaut menjelaskan, kehadiran Provost Polda NTT di Polres Malaka untuk melakukan Gaktibplin antara lain pemeriksaan Kelengkapan meliputi Identitas Pribadi Personil, serta Atribut dan Kelengkapan, serta kerapian pakaian dinas yang sesuai dengan Juknis dan Jukrah yang telah ditentukan.

"Dari pemeriksaan yang dilakukan, ditemukan adanya pelanggaran anggota terkait dengan sikap tampang dan selanjutnya kepada anggota yang sikap tampang tidak sesuai diberikan teguran dan pembinaan serta diberikan tindakan disiplin, dan secara administrasi personil dapat menunjukkan kelengkapan Administrasi yang masih berlaku", jelas Kanit Hartib 2 Subbid Provost Bidpropam Polda NTT Iptu Yorsen H. I. Bilaut.

Kemudian, anggota Provost Bidpropam Polda NTT juga melakukan pemeriksaan senjata api (Senpi) dan kelengkapan Surat Ijinnya serta pemeriksaan Rumah Tahanan (Rutan) Polres.

Selain Gaktiplin, Kanit Hartib 2 Subbid Provost Bidpropam Polda NTT juga memberikan sosialisasi tentang kedisiplinan anggota dalam penerapan Protokol Kesehatan.

“Kami menghimbau kepada personil terkait dalam situasi Pandemi untuk memperhatikan Prokes seperti Handsanitizer, Menggunakan Masker saat berinterasi dengan warga serta menjaga kebersihan lingkungan kerja untuk mencegah penularan covid-19″, tegasnya.

Provost Polda NTT bakal secara rutin melaksanakan Operasi Gaktibplin. Hal ini dilakukan secara acak dan menyeluruh baik itu di lingkungan Polda NTT maupun Polres jajaran hingga Polsek.

"Kegiatan ini juga terus dilakukan Provos Polda secara rutin sebelum mengajak masyarakat untuk membudayakan disiplin dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban. Setiap personil Polri wajib disiplin dan tertib aturan dahulu sebelum melakukan tugasnya.”, tandasnya.