122 Personel Gabungan Polda NTT Amankan Kegiatan Shalat Idul Fitri 1444 H di 15 Lokasi Kota Kupang

122 Personel Gabungan Polda NTT Amankan Kegiatan Shalat Idul Fitri 1444 H di 15 Lokasi Kota Kupang

Tribrtanewsntt.com - Sebanyak 122 personel gabungan Polda NTT mengamankan jalannya Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah / 2023 M di 15 lokasi di Kota Kupang, Sabtu (22/4/2023) pagi.

Diketahui bahwa Hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M dirayakan umat Islam di Kota Kupang dengan melakukan Sholat Ied secara berjamaah di 15 titik lokasi, baik di halaman Masjid maupun di lapangan terbuka. 

Lokasi tersebut  diantaranya di Lapangan Polda NTT, Lapangan Korem 161 Kupang, Lapangan TNI AD Asrama Kuanino, Area parkir Lippo Plaza, halaman Masjid Raya Nurussa'adah Fontein, Lapangan Lanud TNI AU EL Tari, Masjid LDII Rhoudothul Jannah, halaman Masjid Darul Hijrah BTN Kolhua, Lapangan Satuan Brimobda Polda NTT, Lapangan upacara kantor Wali Kota, Lapangan TNI AL Osmok, halaman Masjid Nurul Hikmah Tenau, halaman Masjid Al-Anshar Penkase Oeleta, halaman Mushalla Jami'atul Avia Alak dan halaman Masjid Al-Alaq Pitoby. 

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., saat di konfirmasi, mengatakan bahwa tujuan dari pengamanan di lokasi-lokasi pelaksanaan sholat ied, yaitu untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif.

''Agar masyarakat bisa mengikuti sholat secara berjamaah tersebut dengan khidmat", ucap Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Dikatakannya bahwa Personel Polresta Kupang Kota dan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Operasi Ketupat Turangga 2023 dari Polda NTT dan Satuan Brimobda Polda NTT melakukan pengamanan jalannya ibadah sholat ied agar kondusif dan penuh khidmat.

"Sebelumnya dari Gegana Brimob telah melakukan sterilisasi di setiap lokasi sholat ied kemudian dilanjutkan dengan pengamanan oleh personel yang telah ditunjuk berdasarkan surat perintah", terangnya.

Pengamanan ini juga dilakukan oleh beberapa ormas di Kota Kupang dari lintas agama untuk menunjukkan sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama yang merayakan hari raya besar agamanya di Kota Kupang.

Selain pengamanan di lokasi, juga dilakukan pengaturan arus lalu lintas dan pengaturan parkiran jemaah karena umat yangbdatang ke beberapa lokasi dengan jumlah yang mencapai ribuan orang sehingga tidak memgganggu arus lalu lintas dan aktifitas masyarakat lainnya.

Kabid juga menambahkan, pengamanan serupa juga dilakukan oleh personel Polres hingga Polsek jajaran Polda NTT di lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

"Pengamanan dilakukan sejak beberapa saat sebelum shalat dimulai dengan tujuan untuk memberikan jaminan keamanan kepada warga masyarakat khususnya yang melaksanakan Shalat Idul Fitri. Dan secara umum situasi Shalat Idul Fitri 1444 H di wilayah NTT berjalan dengan aman, lancar dan khusyuk", Tandasnya.