230 Peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2020 Tingkat Panda Polda NTT Dinyatakan Lulus

230 Peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2020 Tingkat Panda Polda NTT Dinyatakan Lulus
230 Peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2020 Tingkat Panda Polda NTT Dinyatakan Lulus

Tribratanewsntt.com - Sebanyak 230 Peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri Tahun Anggaran (T.A) 2020, tingkat Panda Polda NTT dinyatakan lulus. Hal ini disampaikan saat sidang terbuka penetapan kelulusan akhir seleksi yang dilangsungkan di Hotel Aston Kupang, Jumat (13/11/2020).

Sidang Terbuka Penetapan Kelulusan Akhir Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2020 itu dipimpin oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si didampingi Karo SDM Polda NTT dan Kabidpropam Polda NTT.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ka SPN Polda NTT, Kabidti Polda NTT, Kabidkum Polda NTT, Auditor Madya Tingkat III Itwasda Polda NTT, Wadir Samapta Polda NTT, Panitia Internal seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A. 2020, Panitia External seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A. 2020 dan Perwakilan orang tua/wali casis serta Perwakilan casis.

Maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengumumkan hasil pelaksanaan seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2020. Sementara tujuannya sendiri adalah sebagai bentuk keterbukaan Polri dalam melaksanakan setiap peroses rekrutmen Polri sehingga pelaksanaan rekrutmen penerimaan anggota Polri berjalan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Kegiatan ini ditandai dengan Penandatanganan Surat Keputusan dan Berita Acara serta arahan sekaligus pernyataan penutupan sidang oleh Wakapolda NTT selaku Wakil Ketua Panitia Daerah.

Untuk diketahi jumlah peserta seleksi Bintara di Panda Polda NTT pada saat pendaftaran online berjumlah 2963 orang dan yang terverifikasi sebanyak 2287 orang, ini membuktikan bahwa animo putra putri untuk menjadi anggota Polri sangat tinggi.

Sesuai dengan ketentuan dari Panda Pusat (Panpus) sejak awal sampai pada sidang kelulusan akhir ini terdiri dari, Bintara Polisi Tugas Umum berjumlah 205 orang, Ba Polwan sebanyak 6 orang, Bakomsus sebanyak 16 orang dan Rekpro sebanyak 3 orang, sehingga jumlah secara keseluruhan menjadi 230 orang.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si menyatakan, keberhasilan dalam pelaksanaan seleksi penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 ini, tidak luput dari peran serta berbagai pihak yang bekerja secara optimal melalui keseriusan panitia baik, panitia internal maupun panitia eksternal yang telah berpartisipasi mewujudkan pelaksanaan rekrutmen penerimaan anggota Polri T.A. 2020 secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Dikatakannya, berbagai tahapan seleksi syarat akan persaingan telah dijalankan dengan cukup baik. Hal ini dapat tercapai bukan hanya karena adanya perbaikan kultur dan sistem seleksi yang terus dilakukan oleh Polri, namun juga sangat ditentukan oleh tingginya integritas dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak, baik dari panitia seleksi, unsur pengawas internal dan external, orang tua/wali maupun peserta itu sendiri.

"Saya berharap bagi peserta yang lulus terpilih, jadikanlah kesempatan ini sebagai momentum untuk mempersiapkan diri dengan baik. Sementara bagi yang belum lulus namun terpilih karena keterbatasan kuota didik, jangan putus asa, jadikan seleksi ini sebagai media untuk memperkaya pengalaman anda sebelumnya", ujar Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si.

Ia menekankan kepada para peserta seleksi bahwa dalam proses rekrutmen ini merupakan cerminan kemampuan dan kapasitas dari para peserta itu sendiri.

Wakapolda pun berharap agar para calon yang dinyatakan lulus terpilih melalui sidang kelulusan akhir ini tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatan serta bangun terus kepercayaan pada diri masing - masing dan menyiapkan mental dalam rangka mengikuti pendidikan dan pembentukan Bintara.

"Tingkatkan disiplin dan hindari berbagai pelanggaran selama mengikuti pendidikan di SPN Kupang maupun Sepolwan Jakarta nantinya", tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wakapolda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingginya kepada para panitia seleksi atas kerja keras serta dedikasinya dalam menyukseskan terselenggaranya seluruh rangkaian rekrutmen terpadu anggota Polri T.A. 2020 tingkat Panda Polda NTT.

"Dan kepada orang tua/wali casis, saya ucapkan salamat atas kesuksesan yang diraih putra/putri saudara, ini merupakan anugerah dan kebanggaan yang harus disyukuri", pungkasnya.