645 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 Akan Mengikuti ujian Kemampuan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometrik

645 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 Akan Mengikuti ujian Kemampuan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometrik
645 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 Akan Mengikuti ujian Kemampuan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometrik

Tribratanewsntt.com - Sebanyak 645 calon Siswa Bintara dan Tamtama Polri Tahun Anggaran 2021 akan mengikuti ujian kemampuan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometrik.

Jumlah ini terdiri dari 20 orang calon Polwan, 474 orang calon Bintara Pria tugas umum. 33 orang calon Bintara Kompetensi Khusus terdiri dari 32 orang Pria dan 1 orang wanita. Dan 15 orang calon Tamtama Polair dan 103 calon Tamtama Brimob.

Ujian kemampuan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometrik ini akan dilaksanakan selama 11 hari terhitung dari hari ini, Kamis (17/6/2021) hingga Rabu (29/6/2021).

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi di Mapolda NTT menjelaskan bahwa ujian kemampuan Jasmani meliputi lari 12 menit, pull up, sit up, push up, shuttle run dan renang. Sedangkan pemeriksaan Anthropometrik untuk mengetahui komposisi tubuh maupun bentuknya atau pengukuran atas struktur tubuh manusia.

"Tujuan akhir dari pengukuran anthropometrik adalah menetapkan bentuk atau tipe badan seseorang", jelas Kabidhumas Polda NTT.

Tes ini meliputi, Kepala (miring kanan/kiri), Leher menjulur ke depan (Head Posture), Bahu kiri/kanan rendah (shoulder droop), Bahu kiri/kanan ke depan (shoulder thrust), Lekuk tulang punggung ke depan (lordosis), Lekuk tulang punggung ke belakang (kyphosis), Tulang belakang berbentuk S (scoliosis), Dada (pipih/ceking), Dada meruncing ke depan, Perut menonjol ke depan (abdominal ptosis), Tipe tubuh (gemuk/kurus), Pinggul (hip thrust), Keseimbangan Panggul, Lutut maju ke depan (knee thrust), Kaki ( X ), Kaki (O), Arah telapak kaki, Telapak kaki datar (foot flat), Sikap dan juga Cara Berjalan.

"Tes Jasmani akan dilaksanakan di Lapang Ricky Sitohang Mapolda NTT sedangkan tes Renang akan dilaksanakan di kolam renang Wirasakti kemudian pemeriksaan Anthropometrik akan dilaksanakan di SPN Polda NTT sesuai jadwal yang sudah ditentukan", ungkapnya.

Diketahui bahwa Sebanyak 331 calon polisi peserta penerimaan terpadu Bintara dan Tamtama Polri Panda Polda NTT Tahun 2021 tidak memenuhi syarat pemeriksaan kesehatan tahap II.

Pemeriksaan kesehatan tahap II yang dipusatkan di SPN Polda NTT sejak Kamis (10/6/2021) lalu hingga Rabu (16/6/2021) kemarin.

Pemeriksaan kesehatan tahap II meliputi EKG, rekam jantung, rothgen, air kencing, darah dan pemeriksaan dalam.