Anev Ops Aman Nusa Turangga 2022, Karoops Polda NTT:Target Operasi Tercapai, Masyarakat Semakin Taat Prokes

Anev Ops Aman Nusa Turangga 2022, Karoops Polda NTT:Target Operasi Tercapai, Masyarakat Semakin Taat Prokes
Karoops Polda NTT Kombes Pol Ulami Sudjaja memimpin apel pagi dan anev pelaksanaan Ops Aman Nusa II Turangga 2022 di lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT

Tribratanewsntt.com,- Pelaksanaan Operasi Aman Nusa (OAN) II Turangga 2022 telah dilaksanakan selama 22 hari dari kurun waktu 1 bulan. 

Atas pelaksanaan Ops Aman Nusa ini, beberapa capaian telah diraih oleh Polda NTT dan jajaran. Hal tersebut disampaikan Karo Ops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja saat memimpin apel pagi dan Anev (analisa dan evaluasi) kegiatan Satgas Ops, Selasa (5/4/22).

"Alhamdulilah target dari Operasi Aman Nusa II Turangga 2022 secara kuantitas ketaatan prokes semakin meningkat kemudian secara data covid 19 di NTT secara keseluruhan menunjukan trend penurunan"ujar Kombes Pol. Ulami Sudjaja.

Ops Kontijensi Aman Nusa II Turangga 2022 ini diselenggarakan dari tingkat Polda hingga jajaran Polres. Sebanyak 652 orang personel yang dilibatkan dalam kegiatan ini mulai dari Polda hingga Polres (Polda 147 orang, Polres 505 orang).

Adapun tujuan dari Ops Aman Nusa Turangga ini adalah untuk mengantisipasi wabah covid 19 serta penanganannya di wilayah hukum Polda NTT. Selain itu juga guna mendukung pemerintah dalam proses membangun Herd Immunity dengan menggiatkan vaksinasi di NTT.

Ada tujuh Satgas yang dilibatkan dalam Ops ini yakni Satgas Deteksi, Binmas, Patuh Prokes dan Pam Vaksinasi, Bayankes, Pamwal Vaksin, Gakkum dan Humas. Ketujuh Satgas inilah yang berperan penting dalam pelaksanaan OAN, dimana setiap hari selalu melakukan berbagai kegiatan pengamanan, pengawalan kegiatan vaksinasi serta menyadarkan masyarakat NTT tentang taat prokes 5 M melalui berbagai sosialisasi dan penyuluhan serta membagikan masker kepada masyarakat.

"Harapan saya kedepan wilayah NTT ini bisa hijau dengan kehadiran dari setiap kegiatan Satgas Aman Nusa dilapangan. Saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini"tambahnya.

Disamping kegiatan Aman Nusa, personel Satgas juga telah melaksanakan kegiatan pengamanan-pengamanan lainnya contohnya saat kegiatan pengamanan kunjungan Presiden RI beberapa waktu lalu. 

"Jadi tidak hanya kegiatan Aman Nusa saja akan tetapi seluruh kegiatan pengamanan prokes pada saat kunjungan tersebut. Bahkan tidak hanya pengamanan prokes saja, pada saat ada unjuk rasa personel satgas OAN ada juga didalam pengamanannya"lanjutnya.

Pelaksanaan Operasi Aman Nusa ini akan berakhir pada tanggal 13 April 2022. Polda NTT akan menyelenggarakan kegiatan rutin lanjutan.

"Nanti setelah kegiatan dari Ops Aman Nusa selesai tanggal 13 April 2022 ini, Polda NTT akan merencanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Jadi nanti kita akan pertahankan trend penurunan covid 19 di wilayah NTT ini dengan kegiatan rutin tersebut"pungkas Karoops.