Beri Pembekalan PNPP yang Akan Purna Bhakti, Wakapolda NTT: Manfaatkan Alam dan Lakukan Kegiatan Positif Pasca Pensiun

Beri Pembekalan PNPP yang Akan Purna Bhakti, Wakapolda NTT: Manfaatkan Alam dan Lakukan Kegiatan Positif Pasca Pensiun

Tribratanewsntt.com,- Biro SDM Polda NTT menyelenggarakan kegiatan Pembekalan pelatihan PNPP yang akan memasuki masa pensiun, Kamis (25/11/21).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang merupakan anggota Polri maupun PNS pada Polda NTT yang akan memasuki Purna Bhakti tahun 2022. Peserta dari Polres sebanyak 33 orang mengikutinya secara virtual sedangkan dari 64 orang peserta dari Satker Polda dilaksanakan di hotel Silvia Kupang.

Acara pembekalan ini dibuka oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M. Si. Hadir pula para pejabat utama diantaranya Karo SDM, Dir binmas,Ka SPN, Kabidhumas, Kabidkum dan Dir Tahti.

Membawakan sambutan dari Kapolda NTT, Wakapolda NTT memberikan apresiasi dan penghormatan yang tinggi untuk seluruh anggota Polri Daerah NTT khususnya yang mencapai batas usia pensiun tahun 2022 ini karena atas segala dedikasi yang telah didarmabhaktikan bagi bangsa dan negara dalam upaya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, sehingga proses pembangunan berjalan dengan lancar demi mencapai kesejahteraan bersama. 

“Saya ucapkan selamat datang bagi seluruh peserta yang hadir di hotel silvia dan seluruh peserta yang di Polres wilayah luar daratan Timor yang mengikuti kegiatan melalui virtual (zoom metting), semoga dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sebagai bekal dalam memasuki masa pension”ujar Wakapolda NTT dalam sambutannya.

Dikatakannya bahwa usia karier yang begitu panjang dengan segala suka dan dukanya telah mengantar menuju masa Purna Bhakti yang sempurna, tentunya itu bukan merupakan hal yang mudah. 

“Oleh karenanya, saya mengucapkan terima kasih atas segala pengabdiannya selama ini. Pembekalan bagi anggota Polri dan PNS, sehingga betul-betul mempersiapkan diri secara lahir-batin guna menghadapi masa pensiun secara normal”tambahnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Polda NTT berupaya untuk membangun program pelatihan Second Carier yang berbasis pada Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang disesuaikan dengan potensi daerah.

Program ini mempunyai sasaran agar anggota Polri dan PNS untuk mempersiapkan mental psikologis secara matang untuk menghadapi masa pensiun dan dapat melaksanakan aktifitas-aktifitas yang berguna bagi penambahan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup yang semakin berkembang. Motivasi menghindari post power syindrome oleh motivator nasional. 

Masa pensiun yang merupakan proses alamiah yang harus dilalui oleh setiap orang. Ada yang menerimanya dengan kesiapan, tetapi masih banyak orang yang belum siap untuk menerimanya. 

Selama masih berdinas aktif, kita mempunyai tugas dan peran yang cukup besar, kita juga sibuk dengan segala urusan dinas maupun bukan dinas namun ketika mencapai usia pensiun, tugas dan peran serta aktivitas semakin berkurang bahkan tidak ada syindrome yang dapat mempengaruhi proses kehidupan selanjutnya, apalagi penghasilan menurun drastis. Sementara kebutuhan hidup tetap menuntut untuk dipenuhi.

Materi yang diberikan pada pembekalan kali ini diantaranya penggunaan jasa perbankan / Dana Kredit Usaha Rakyat dari BTPN Cabang Kupang dan sharing pengalaman tentang keberhasilan usaha ekspedisi dan warung kopi modern. Serta pada hari kedua dilanjutkan dengan pemateri dari BRI dan pemberian materi tentang pola hidup sehat di masa tua.

“Untuk itu saya mohon kepada pemateri agar dapat menguasai segala ilmu dan keterampilan untuk mengembangkan usaha nantinya”tambahnya.

Dewasa ini perkembangan dunia semakin maju dan modern, sehingga kebutuhan hidup juga semakin kompleks. Diharapkan kepada seluruh anggota Polri/PNS dan keluarga agar senantiasa menerapkan pola hidup sederhana, tidak boros dan tidak mewah-mewah, gunakan uang secara rasional untuk kebutuhan-kebutuhan yang penting bukan atas dasar keinginan semata. 

"Biasakan hidup untuk menabung sehingga uang bisa digunakan sebagai investasi atau memenuhi kebutuhan disaat pensiun. Manfaatkan kekayaan alam yang ada di NTT juga untuk dimanfaat menjadi sebuah peluang usaha serta mengisi hari dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif agar tubuh terhindar dari penyakit yang diakibatkan karena pola hidup pasca pensiun”pesan Wakapolda NTT mengakiri sambutannya.