Beri Semangat dan Motivasi, Kapolda NTT dan Dandrem 161 Wirasakti Makan Siang Bersama Siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri SPN Polda NTT

Beri Semangat dan Motivasi, Kapolda NTT dan Dandrem 161 Wirasakti Makan Siang Bersama Siswa  Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri SPN Polda NTT

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. dan Dandrem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Legowo WR. Jadmiko, S.I.P., M.M. makan siang bersama siswa Diktukba Polri dan siswa Dikmaba TNI-AD TA. 2021 di SPN Polda NTT, Selasa (14/12/21).

Tampak hadir juga Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., Kabid Poropam Polda NTT Kombes Pol. Drs. Dominikus Savio Yempormase dan KA SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto.

“Sengaja siang ini saya dengan Dandrem hadir di tempat ini melaksanakan makan siang bersama siswa sekalian, ini sebagai penyemangat kepada seluruh siswa yang sedang melaksanakan pendidikan baik Bintara TNI AD maupun Bintara Polri. Selaku Pimpinan Polda NTT, kami sampaikan bahwa program ini merupakan program strategi dari Pimpinan TNI dan Polri untuk kita semuanya menyatukan hati dan pikiran kita bahwa yang membedakan kita hayalah warna baju saja. Yang paling utama tujuan kita ini adalah sama menjaga Negara kesatuan RI ini, menjaga bangsa dan negara ini dan telah teruji  TNI Polri merupakan salah satu Pilar dalam menjaga Negara kesatuan RI ini”Ujar Kapolda NTT.

Kolaborasi pendidikan terintegrasi pada level Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri dilaksanakan di seluruh Rindam jajaran TNI AD, Pusdik Kowad, Sepolwan dan SPN Polda seluruh Indonesia.

“Pendidikan integrasi TNI-Polri ini merupakan bagian dari Program Prioritas Lemdiklat Polri melalui Program Transformasi Pendidikan Polri. Sinergitas TNI-Polri sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kedua institusi sebagai dua pilar utama garda terdepan menjaga NKRI.  Sinergitas tersebut dapat diwujudkan melalui proses yang dibangun mulai dari pendidikan awal yakni pada masa pendidikan pembentukan yang ada di dua institusi tersebut”jelasnya.

Kehadiran Siswa Dikmaba TNI-AD di SPN Polda NTT ini adalah wujud Sinergitas dalam membangun Soliditas  agar menjadi Pelindung serta memberikan pelayanan dan pengayoman bagi masyarakat dan Negara.

“Dulu integrasi ini hanya dilaksanakan di tingkat Akademi Militer (AL, AL, AU dan Kepolisian) sekarang sejak dini semua pendidikan pembentukan baik Tamtama, Bintara dan Perwira sudah diintegrasikan. Tujuannya adalah bahwa kita adalah satu melayani bangsa dan Negara ini, saya titipkan kepada kalian apabila ada persoalan selesaikanlah dengan baik, segera koordinasikan”tambahnya.

Untuk diketahui saat ini ada 70 orang siswa Dikmaba TNI Rindam IX Udayana dan 230 orang Siswa Diktukba Polri SPN Polda NTT sama-sama di SPN Polda NTT mulai dari tanggal 13 Desember hingga 17 Desember 2021.

Ke 70 orang siswa Dikmaba TNI Rindam IX Udayana ini ditempatkan delapan orang pada Sembilan pleton siswa Diktukba Polri SPN Polda NTT dan tinggal satu barak bersama.

“Saya menerima laporan ada 70 orang siswa hampir sebagaian besar dari NTT, jaga semangat persaudaraamn ini. Dalam bertugas nanti, kalian akan bersama-sama di lapangan. Yakinlah kalian sudah diberi amanah oleh bangsa dan negara ini menjadi aparat TNI dan Polri. Untuk itu syukuri, karena tidak semua orang diberi kesempatan seperti kalian menjadi anggota Polri dan TNI”tambah Kapolda NTT.

Dikatakannya bahwa setiap tahun di Polda NTT ini animo untuk menjadi anggota Polri sangat tinggi hampir 3000 orang yang mendaftar namun yang diterima paling 250 orang.

“Artinya banyak orang yang ingin seperti kalian, bersyukurlah dengan semua yang Tuhan berikan saat ini. Jaga ini dengan baik, ikuti pendidikan dengan baik. Ini semua baru awal dari perjuangan kalian. Kalian punya waktu bertugas 40 tahun lamanya, segala hal bisa terjadi. Raihlah impian dan cita-cita setinggi langit dengan menjadi seorang Perwira”lanjutnya.

“Selamat mengikuti pendidikan, laksanakan pendidikan dengan baik tanpa adanya pelanggaran dan yang paling penting nanti di dalam melaksanakan tugas kalian semua yang duduk disini adalah saudara, menjadi teman dan mitra di lapangan” Pesan Kapolda NTT.