Dengan Balutan Kain Adat Khas NTT, Para Pejabat TNI Polri dan BIN NTT Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI Provinsi NTT

Dengan Balutan Kain Adat Khas NTT, Para Pejabat TNI Polri dan BIN NTT Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI Provinsi NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat provinsi NTT di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Selasa (17/8/2021).

Upacara ini juga dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, Ketua DPRD NTT, para Forkopimda NTT, Tokoh Agama dan undangan lainnya.

Pada kegiatan upacara ini dilakukan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Dalam kegiatan ini Pejabat TNI-Polri dan BIN NTT menghadiri upacara 17 Agustus dengan mengenakan seragam PDU dengan balutan kain adat khas NTT untuk menunjukkan Indonesia adalah negeri kaya dan beragam terkhusus NTT.

Diketahui bahwa Kain Tenun Nusa Tenggara Timur merupakan kerajinan tenun berupa sehelai kain yang penuh hiasan dekoratif yang indah, dengan desain menarik, komposisi harmonis, dan bentuk-bentuk ragam hiasnya mempunyai karakteristik tersendiri.

Demikian pula dalam proses pembuatannya (baik dalam pengadaan bahan, teknik pembuatan ragam hias, pemakaian warna, cara menenun, dan juga fungsi kain itu dalam kehidupan masyarakat Nusa Tenggara Timur) mengundang decak kagum.

Di balik bentuknya yang indah, terdapat prinsip-prinsip struktural yang sejalan dengan prinsip-prinsip formal yang mengatur segala aspek kehidupan masyarakat NTT dari dahulu hingga sekarang. Sehingga sehelai kain itu tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk melindungi tubuh dari pengaruh alam atau untuk memperindah diri saja, akan tetapi merupakan benda budaya yang bersubstansi mengekspresikan nilai-nilai tertentu dan merupakan kekayaan budaya suatu bangsa.