Dengar Keluh Kesah Masyarakat, Polda NTT Gelar Kegiatan Jumat Curhat di Alun-Alun Kota Kelapa Lima

Dengar Keluh Kesah Masyarakat, Polda NTT Gelar Kegiatan Jumat Curhat di Alun-Alun Kota Kelapa Lima

Tribratanewsntt.com - Polda NTT menggelar Jumat Curhat bersama masyarakat di Alun-alun Kota, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Jumat (5/5/2023) pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, dan dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda NTT, Kapolresta Kupang Kota, Camat Kelapa Lima, perwakilan Danramil Kota Kupang, Kapolsek Kelapa Lima, para RT setempat Oesapa dan masyarakat sekitar yang kurang lebih berjumlah 30 orang.

Melalui kegiatan Jumat Curhat ini, masyarakat bisa secara langsung menyamapikan permasalahan, kritik, saran maupun masukan kepada pihak Kepolisian khususnya Polda NTT.

"Jumat Curhat ini dikandung maksud supaya kita tidak adalagi jarak antara kita sebagai aparat Polri dengan masyarakat, tidak ada sekat-sekat untuk saling interaksi untuk memberikan masukan, saran, keluhan warga", ujar Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto.

Wakapolda NTT juga berharap dengan momentum Jumat Curhat ini, masyarakat dapat menyampaikan permasalahan-permasalahan yang belum sempat dilaporkan kepada Polri.

"Kalau mungkin ada permasalahan-permasalahan yang tidak sempat dilaporkan kepada kesatuan kita di Polri, baik itu di Polda, di Polres maupun di Polsek silahkan, dalam kesempatan ini kita buka seluas-luasnya kepada bapak ibu, bapa mama sekalian untuk bisa menyampaikan keluhan, permasalahan atau masukan kritik kepada kita", terangnya.

"Karena dengan kritik dan masukan kepada kita, ini akan membangun kepercayaan kepada kita untuk lebih baik ke depannya", tambahnya.

Pada kegiatan ini, masyarakat menyampaikan curhatan permasalahan seputar Kamtibmas dan Kamseltibjarlantas yang terjadi di lingkungannya seperti Perjudian, Miras, buang sampah sembarangan serta pelanggaran lalulintas.

Selain itu, masyarakat juga menyamapikan apresiasi kepada Polri atas program Jumat Curhat yang digelar saat ini.

Wakapolda NTT menyampaikan bahwa Polda NTT akan meningkatan pelayanan kepada masyarakat berupa kegiatan pengawasan dan patroli secara berkala di tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas. Selain itu, tentunya disertai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Dan meminta kepada masyarakat agar selalu berkerjasama dengan pihak Kepolisian.

"Salah satu program Polri adalah bagaimana bisa meghadirkan Polisi di tengah masyarakat. Oleh karenanya saya perintahkan kepada pak Kapolsek Kelapa Lima agar terus melakukan patroli setiap jam-jam rawan", pintanya.

Orang nomor dua di Polda NTT juga meminta agar ada kegiatan masyarakat seperti kegiatan bersih-bersih. Dan terkait adanya masyarakat yang membuang sampah sembarangan agar pemerintah setempat dapat melakukan pengawasan.

Mengenai pengurus SIM, Wakapolda  mengimbau agar tidak mengurus SIM melalui calo-calo.

"Terkait pengursan SIM agar masyarakat yang hendak melakukan pengurusan SIM dapat melengkapi persyaratan yang ada dan juga dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian. Jangan percaya dengan calo-calo yang membuat bayar makin besar", tegasnya.

Diakhir kegiatan, Wakapolda NTT meminta masyarakat agar selalu menggelorakan kegiatan sadar hukum khususnya di wilayah Kelapa Lima dan kalo menemukan sesuatu agar selalu melaporkan kepada pihak berwenang.

"Terimakasih atas masukan warga-warga setempat, yang intinya semua untuk membangun perbaikan-perbaikan di bidang pelayanan kepada masyarakat", tandasnya.