Direktur Komunikasi i2: Tahun 2023 Tahun Terbaik untuk Polri

Direktur Komunikasi i2: Tahun 2023 Tahun Terbaik untuk Polri

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang mengatakan rapor Polri pada 2023 adalah 77. Nilai itu berdasarkan hasil survei terhadap media dan media sosial dari 1 Januari hingga 15 Desember 2023.

"Seperti apa sih rapor Polri di mata media dan media sosial? Dari sisi manajemen media atau manajemen opini publik yang sudah dilakukan oleh Polri sepanjang 1 Januari hingga 15 Desember 2023, maka laporannya adalah rapornya berada di 77," ucap Rustika di Rapat Akhir Tahun (RAT) 2023 Polri, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (27/12/2023).

Rustika mengatakan di era keterbukaan ini. Oleh sebab itu Polri tak lagi bisa menutup diri dari sorotan masyarakat.

"Kita sekarang sudah ada dalam sebuah era yang terbuka. Kita tidak bisa lagi menutup diri. Yang namanya HP sudah kaya CCTV kita, itu yang membuat kita sulit. Dan akan jauh lebih sulit lagi karena semua media semua memotret apa yang kita lakukan, baik itu hal yang baik mapun buruk," tutur Rustika.

Dia lalu menjelaskan di awal 2023, yakni Januari dan Februari, sentimen negatif terhadap Polri besar lantaran masyarakat masih mengaitkan kasus Ferdy Sambo dengan Polri. Kemudian, masyarakat memandang negatif Polri dalam penanganan kasus tabrak lari mahasiswi Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur Selvi Amalia Nuraeni.

"Apa yang membuat Polri 'sentimen negatifnya terbesar', dia ada di dua bulan pertama, Januari dan Februari. Di mana pada saat itu ada kasus Ferdy Sambo masih lanjut diberitakan dan selalu dikaitkan dengan Polri. Kedua terkait Selvi yang meninggal, kemudian juga terkait dengan beberapa oknum," jelas Rustika.

"Tapi setelah itu, dari Maret, April dan sebagainya hampir semua manajemen media memberikan rapor atau framing yang positif pada polri. Dan ini salah satu upaya luar biasa, ini lebih dari 888.000 berita. Kita nggak bisa membayangkan dari 4.811 media online di Indonesia, bagaimana kita bisa menggaet semua 'harus baik ke Polri'? Tidak bisa. Jadi ini betul-betul natural, apa adanya." lanjut dia.

Rustika menyebut dirinya sudah melakukan survei berdasarkan pandangan media dan media sosial soal rapor Polri sejak 2012. Rustika menyebut tahun ini Polri mendapatkan rapor yang terbaik.

"Tapi kebetulan saya itu membuat rapor Polri dari 2012 sampai 2023, tahun ini adalah tahun terbaik buat Polri," pungkas dia.