Gencar Lakukan Percepat Vaksinasi Anak, RS Bhayangkara Kupang Sasar Dua Sekolah Dasar

Gencar Lakukan Percepat Vaksinasi Anak, RS Bhayangkara Kupang Sasar Dua Sekolah Dasar

Tribratanewsntt.com – Percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun terus dilakukan oleh RS Bhayangkara Titus Uly Kupang. Seperti yang dilaksanakan di SD Dian Harapan di Fatululi, Kecamatan Oebobo dan SD Kasih Yobel di Jalan Polisi Militer, Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Jumat (17/2/2022) yang diikuti oleh ratusan siswa.

Vaksinasi yang digencarkan oleh RS Bhayangkara Titus Uly Kupang ini menurunkan 11 orang Tenaga Vaksinator dipimpin oleh dr. Mariana Latumenten.

dr. Mariana Latumenten mengatakan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini memang harus dilaksanakan, mengingat adanya varian baru Omicron. Varian ini memang lebih banyak mengincar anak-anak usia dini sehingga harus dilakukan percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun secara maksimal. Tidak hanya itu, kebutuhan anak – anak SD untuk beraktivitas di sekolah secara tatap muka langsung menjadi hal yang sangat penting, sehingga diharapkan vaksinasi usia dini ini dapat memberikan kekebalan tubuh.

Selain Anak usia 6-11 tahun, dalam kegiatan ini juga, masyarakat umum baik itu dewasa, lansia maupun anak usia 12-17 tahun pun dilayani oleh Tim PCare RSB Titus Uly Kupang baik itu tahap I, Tahap II dan Tahap III

Menurutnya, Kendala dilapangan pada pelaksanaan kegiatan Vaksinasi yang ditunda adalah adanya murid yang sudah datang dan tidak bisa divaksin karena sedang mengalami gangguan kesehatan seperti batuk pilek dan demam.

"Bagi anak-anak yang memenuhi syarat untuk vaksin yang telah melewati beberapa tahapan seperti tensi dan skrining, maka anak tersebut diberikan suntik vaksin, kegiatan vaksin anak usia dini ini cukup kooperatif walaupun harus didampingi oleh orang tua atau wali murid masing-masing, karena memang anak-anak sangat membutuhkan dukungan semangat keberanian untuk tidak takut dengan jarum suntik", ucap dr. Mariana Latumenten.

Jumlah total peserta vaksinasi 356 orang terdiri dari Dosis I berjumlah 42 orang, Dosis II 182 orang dan Dosis III 132 orang.

"Total peserta sebanyak 356 orang. Dimana vaksin sinovac sebanyak 224 terdiri dari vaksin pertama sebanyak 42 orang anak dan vaksin kedua sebanyak 182 orang dengan rincian 181 orang anak dan 1 orang Remaja. Sedangkan Dosis ketiga Vaksin Pfizer  sebanyak 132 Orang terdiri dari masyarakat Umum 17 Orang, Lansia 2 Orang dan Pelayana Publik (Guru) 113 Orang", jelasnya.

"Terimakasih kepada Pihak sekolah dan masyarakat yang telah mengikuti program vaksinasi ini. Kita tetap semangat, jangan lengah, terus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Selama pelaksanaan kegiatan, petugas dari RSB Bhayangkara Titus Uly Kupang selalu menerapkan protokol kesehatan baik itu dalam menjaga jarak maupun penggunaan masker secara ketat.