HUT ke-75 Brimob Polri, Kapolda NTT : Semoga Seluruh Karya Pengabdian Menjadikan Polri Semakin Dicintai Masyarakat

HUT ke-75 Brimob Polri, Kapolda NTT : Semoga Seluruh Karya Pengabdian Menjadikan Polri Semakin Dicintai Masyarakat
HUT ke-75 Brimob Polri, Kapolda NTT : Semoga Seluruh Karya Pengabdian Menjadikan Polri Semakin Dicintai Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menggelar upacara dan syukuran HUT ke-75 Korps Brimob Polri di Mako Brimobda NTT, Sabtu (14/11/2020) pagi.

Upacaranya sendiri digelar serentak se-Indonesia secara virtual dan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si dari Mabes Polri di Jakarta dan dihadiri Wakapolri, pejabat utama Mabes Polri, sejumlah Purnawirawan dan Personel Brimob Polri lainnya.

Sedangkan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, S.H., M.Hum dan Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si serta Forkopimda NTT diantaranya, Gubernur NTT yang diwakili oleh Sekda NTT, Wakil Ketua DPRD NTT, Perwakilan Danrem 161/WS, Perwakilan Danlantamal VII Kupang, Danlanud Eltari Kupang, Walikota Kupang dan Para Pejabat Utama Polda NTT maupun Tamu Undangan lainnya.

Tema HUT ke-75 Korps Brimob Polri tahun ini adalah “Brimob untuk Indonesia”. Yang memiliki makna suatu keinginan lahir bathin dari segenap bhayangkara Korps Brimob Polri untuk berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara.

Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan rasa bangga mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-75 kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri di mana pun berada.

"Dengan semboyan "Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan", pengabdian setiap personel Brimob Polri sebagai Bhayangkara sejati telah menjadi bagian dari catatan sejarah institusi, bangsa, dan negara", ucap Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si.

Dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini, Kapolri mengajak untuk mendoakan para Prajurit Korps Brimob Polri yang telah gugur dalam berbagai penugasan menjaga NKRI.

Lanjutnya, Brimob diandalkan Polri mengawal dan mengamankan NKRI. Brimob telah menunjukkan eksistensi, di antaranya penanganan teroris, ganggauan keamanan, bencana alam, hingga penanganan Covid-19.

"Brimob menangani Covid-19 dengan mendirikan dapur umum, mendirikan rumah sakit khusus, dan bantuan sosial," ujarnya.

Kapolri menambahkan, tantangan ke depan adalah pengamanan Pilkada, penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi masyarakat serta dampak lainnya.

"Tingkatkan keimanan, jalankan tugas sebagai ibadah, jaga kehormatan pribadi dan institusi Polri. Tingkatkan sinergi dengan TNI, jadilah penyemangat bagi keluarga, rekan-rekan, bagi masyarakat, dalam menerapkan protokol kesehatan serta junjung tinggi Tribata," kata Kapolri.

Sementara itu, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum Menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Korps Brimob Polri ke-75 kepada seluruh Keluarga Besar Satuan Brimob Polda Nusa Tenggara Timur (Satbrimobda NTT).

"Semoga seluruh karya pengabdian menjadikan Polri semakin dicintai masyarakat", ucap Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa, acara syukuran ini sendiri merupakan wujud rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala nikmat yang telah diberikan, sehingga sampai hari ini Korps Brimob Polri tetap tegak berdiri dan tetap setia dalam menjaga dan mengamankan negara kesatuan republik indonesia.

"Brimob lahir bersama perjuangan indonesia dan selalu tampil dalam setiap peristiwa yang mengancam sendi-sendi kehidupan bangsa indonesia", kata Kapolda NTT.

"Kesetian korps Brimob Polri terhadap Negara ini tidak perlu diragukan lagi, sejak Negara ini lahir, korps Brimob Polri telah turut ambil bagian dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan dan terus mengabdi hingga saat ini", lanjutnya.

Kapolda juga mengharapkan momentum ulang tahun Brimob Polri ini agar dapat meningkatknya profesionalitas personel dan kualitas pelayanan publik.

"Polri sebagai interpretasi pemerintahan dalam pelayan publik senantiasa dituntut agar mampu konsisten dalam melaksanakan tugas pokok secara proporsional dan professional", harapnya.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada para sesepuh Brimob Polri yang senantiasa memberikan masukan dan kontribusi positif untuk perbaikan Polri.

"Dan ucapan terima kasih kepada segenap masyarakat yang telah mendukung dan mengambil bagian dalam upaya mewujudkan Polri yang lebih baik", pungkasnya.

Selesai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda NTT dan dirangkai dengan acara ramah tama serta pemberian tali asih kepada personel Brimob yang sakit menahun.