Ibadah Perayaan Paskah di Gereja, Ratusan Personel Satgas Ops Semana Santa Turangga 2022 Lakukan Pengamanan Secara Ketat

Ibadah Perayaan Paskah di Gereja, Ratusan Personel Satgas Ops Semana Santa Turangga 2022 Lakukan Pengamanan Secara Ketat

Tribratanewsntt.com - Untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada Umat Kristiani yang menjalankan Ibadah Paskah. Ratusan Personel Satgas Operasi Semana Santa Turangga 2022 melakukan pengamanan untuk seluruh Gereja-gereja yang ada di Wilayah Provinsi NTT, Minggu (17/4/2022).

Total Jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 924 orang mulai dari Polda hingga Polres (untuk Polda sebanyak 170 personel sedangkan Polres sebanyak 754 personel). Untuk Personel Polda NTT di BKO ke Polres Kupang Kota.

Hal ini dibenarkan oleh Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B, S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi di Mapolda NTT.

"Kita melakukan pengamanan agar saudara kita Umat Kristiani dapat merayakan Paskah tanpa ada ganguan Kamtibmas,” ucap Kabidhumas Polda NTT.

Dijelaskan, bahwa seluruh rangkaian perayaan Paskah di Gereja-gereja mulai dari Kamis (14/4) lalu hingga hari ini Minggu (17/4), pihaknya melakukan pengamanan secara ketat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Pengamanan paskah Tahun 2022, guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merayakan Hari raya paskah dengan rasa aman, nyaman dan sehat di tengah pademik covid-19. Dengan target sasaran operasi yaitu lokasi/tempat, orang, barang/benda dan kegiatan", jelasnya.

Dikatakannya, Ada beberapa gereja yang melaksanakan misa baik pagi dan sore, dan ada beberapa gereja juga yang melaksanakan misa sore namun di bagi menjadi dua sesi.

"Kita (jajaran Polda NTT) akan melakukan upaya maksimal untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah", katanya.

Sebelum pelaksanaan ibadah dari Personel Polda NTT telah melakukan kegiatan sterilisasi dengan menggunakan alat metal detector baik di lingkungan dalam dan luar gereja, dengan hasil gereja dinyatakan aman tidak ditemukan barang/benda mencurigakan yang diduga bahan peledak.

Selain itu dari petugas juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Gereja dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan orang serta selalu waspada dan apabila ada perkembangan mencurigakan untuk berkomunikasi dengan pihak keamanan.

Kabidhumas pun berharap seluruh rangkaian Perayaan Paskah di Wilayah Hukum Polda NTT dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

“Mari kita sama-sama menjaga Kamtibmas saat Perayaan Paskah, agar Perayaan Umat Nasrani ini dapat berlangsung hikmad dan kondusif,” tandasnya.

Diketahui, pengamanan rangkaian pelaksanaan perayaan paskah ini dimulai dari tanggal 8 hingga 19 April 2022 di seluruh wilayah provinsi NTT dalam bentuk operasi pengamanan kegiatan dan bantuan perkuatan pada suatu wilayah dengan mengedepankan kegiatan preemtif, Preventif, Penegakan hukum dan deteksi dini.