Jadi Narasumber di TVRI, Kabidhumas Polda NTT : Operasi Ketupat Ranakah 2021 Merupakan Operasi Kemanusiana

Jadi Narasumber di TVRI, Kabidhumas Polda NTT : Operasi Ketupat Ranakah 2021 Merupakan Operasi Kemanusiana

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polda NTT melaksanakan operasi dengan sandi Ketupat Ranakah 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kabidhumas Polda NTT Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H saat menjadi Narasumber pada acara Dialog Pulblik di TVRI NTT dengan tema "Aman dan Nyaman Sambut Lebaran", yang dipandu oleh pembawa acara Simon Hayon, Selasa (11/5/2021).

Selain menghadirkan Kabidhumas Polda NTT, narasumber lain yang juga dihadirkan yakni, Ketua MUI NTT H. Abdul Kadir Makarim.

"Kegiatan ini perlu saya sampaikan bahwa merupakan kegiatan operasi kemanusiaan, dimana kegiatan-kegiatan  selama 12 hari nanti seluruh jajaran melaksanakan kegiatan yang bersifat pelayanan terhadap masyarakat", terang Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H saat menjadi Narasumber di acara Dialog Publik TVRI NTT. Selasa (11/5/2021).

Dijelaskannya bahwa, sasaran dari pelayanan pengamanan dari operasi Ops Ketupat Ranakah 2021 meliputi orang, tempat, kegiatan dan benda atau barang.

"Orang disini meliputi semua masyarakat yang ada di NTT ini baik yang beragama Muslim maupun non Muslim kemudian yang berkaitan dengan kegiatan yaitu, semua aktivitas masyarakat dalam menyambut hari raya Idul Fitri maupun pada saat ibadah sholat Id nanti dan kegiatan masyarakat lainnya. Yang ketiga adalah tempat meliputi tempat ibadah, saran publik dan yang terakhir adalah benda yaitu hal-hal yang berkaitan dengan barang yang dimiliki atau barang yang ada di sekitar masyarakat terkait dengan perayaan Idul Fitri", jelasnya.

Dikatakan bahwa, Polda NTT menurunkan sebanyak 1.050 personel Polri dan dibantu oleh TNI dan stakeholder lainnya termasuk organisasi kemasyarakatan dalam membantu melaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 Masehi.

Sementara itu, Ketua MUI NTT H. Abdul Kadir Makarim menyampaikan bahwa, MUI NTT telah mengimbau umat Muslim di NTT agar pelaksanaan Takbiran maupun Sholat Id dilaksanakan di Masjid saja.