Jaga Kesehatan Jasmani, Polda NTT Menyelenggarakan Kesemaptaan Jasmani Berkala

Jaga Kesehatan Jasmani, Polda NTT Menyelenggarakan Kesemaptaan Jasmani Berkala

Tribratanewsntt.com,- Biro SDM Polda NTT kembali menyelenggarakan kegiatan Kesemaptaan Jasmani (Samsas) berkala susulan di lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Kamis (4/11/21).

Kegiatan Samjas ini dipimpin langsung oleh Kasubagmutjab Biro SDM Polda NTT Kompol Didik. Kegiatan ini merupakan susulan karena masih banyak anggota yang belum mengikuti ujian tes kesemaptaan jasmani dan beladiri Polri dikarenakan ijin/cuti, dinas, cuti, sakit dan lain-lain.

“Tes kesamaptaan jasmani ini juga salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Pendidikan PAG, Secapa/SIP, Dikbangpers serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat (UKP),” ujar Kompol Didik.

Selain itu, untuk mengetahui bagaimana kondisi jasmani personel, tes ini penting dan sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan sehingga dapat melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik.

Sebelum melaksanakan tes kesamaptaan jasmani personel diperiksa terlebih dahulu mengenai kesehatan antara lain pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen dalam darah, denyut nadi, tinggi berat badan dan pemeriksaan suhu tubuh.

Samjas didahului dengan lari keliling lapangan di lapangan selama 12 menit, kemudian dilanjutkan pull up, push up, sit up dan terakhir shuttle run.