Jajaran Polda NTT Amankan Lima Pelaku Pembacokan di Manggarai Barat

Jajaran Polda NTT Amankan Lima Pelaku Pembacokan di Manggarai Barat

Tribratanewsntt.com - Lima orang pelaku pembacokan terhadap warga di Kabupaten Manggarai Barat, NTT diamankan jajaran Polda yang bertugas di Buser Polres Manggarai Barat, Minggu (26/2/2023).

Para terduga pelaku diamankan berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/36/II/2023/SPKT/Polres Manggarai Barat/Polda NTT, tanggal 26 Februari 2023.

Para pelaku diamankan tim Buser Polres Mabar yang dipimpin Aipda Marianus Demon Hada, S.Sos.

Lima pelaku yang diamankan yakni AP (21), HI (19) dan MF (17) Warga Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, F (20), warga Kecamatan Macang Pacar serta AI (19), warga Kecamatan Woha, Kabupaten Bima-NTB.

Satu terduga pelaku, Juma masih dalam pengejaran tim Buser Satreskrim Polres Manggarai Barat.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto, S.I.K. M.Si., yang dikonfirmasi Senin (27/2/2023) menyebutkan bahwa pada Minggu (26/2/2024) siang sekitar pukul 12.30 Wita hingga pukul 14.00 Wita, petugas mengamankan 11 orang pria yang diduga kuat telah melakukan tindak pidana penganiayaan di wilayah hukum polres Manggarai Barat. Penganiayaan itu mengakibatkan para korban mengalami luka luka.

"Namun setelah dilakukan interogasi terkait tindak pidana tersebut, lima orang yang terlibat langsung dalam tindak pidana tersebut ditahan," ujar Kapolres.

Para pelaku menganiaya lima warga yakni AS (17), warga Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. CS (17), warga Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Korban lainnya, MFY (16), warga Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, VD (18), warga kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat dan EHJ (16), pelajar yang tinggal di Kompleks bandara, Kelurahan Labuan Bajo, kecamatan Komodo kabupaten Manggarai Barat.

Minggu (26/2/2023) sekitar pukul 02.00 Wita, kelima orang korban dan teman-temannya pulang dari acara ulang tahun di kompleks bandara, Desa Batu Cermin kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat.

Mereka menggunakan mobil dump truck melewati kampung ujung. Tiba di pertigaan ke arah Puskesmas, mobil dump truck macet.

Tiba- tiba ada sekelompok orang yang tidak dikenal melempar dengan menggunakan batu ke arah dump truck yang ditumpangi kelima orang korban bersama teman-teman.

Selanjutnya lima orang korban bersama teman- teman nya turun dari mobil dump truck, tiba- tiba ada orang yang tidak dikenal mengeluarkan parang dan langsung menghajar dan menebas korban.

Hal ini mengakibatkan korban EHJ mengalami luka robek pada pipi kiri. Korban MFY mengalami luka robek di kaki kiri. Korban AS mengalami luka di siku kanan. Korban CS luka robek pada kepala dan korban VD mengalami luka di kepala.

Tim Buser bersama piket SPKT Polres Manggarai Barat  langsung mendatangi lokasi kejadian dan menginterogasi sejumlah saksi.

Tim Buser lalu melakukan penyelidikan di seputaran Kota Labuan Bajo dan mendapat informasi terkait keberadaan para terduga pelaku di seputaran kampung Nggorang dan Marombok.

Tim  memastikan keberadaan para terduga pelaku dan berhasil mengamankan para terduga pelaku di beberapa tempat berbeda yakni di Nggorang, Desa Nggorang, kecamatan Komodo dan juga di Capi, Desa Golobilas, kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat.

Para terduga pelaku lalu dibawa dan diamankan di Polres Manggarai Barat untuk diinterogasi lebih lanjut terkait tindak pidana yang dilakukan para terduga pelaku.

Petugas mengamankan barang bukti satu buah parang yang digunakan terduga pelaku AP untuk membacok para korban.