Kapolda NTT Ajak Pemda Kabupaten Sikka Untuk Saling Bantu Dalam Menjaga Sitkamtibmas

Kapolda NTT Ajak Pemda Kabupaten Sikka Untuk Saling Bantu Dalam Menjaga Sitkamtibmas

Tribtatanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., mengajak pemerintah daerah Kabupaten Sikka untuk selalu berkerjasama sama dalam memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif.

Ajakkan itu disampaikan Kapolda NTT saat melakukan audiensi bersama Forkopimda ,Pimpinan Instansi dan FKUB Sikka di Aula Lantai III  Pemda Kabupaten Sikka, Selasa (15/11/2022).

Dalam Audiens tersebut dihadiri oleh Bupati Sikka Fransiskus R. Diogo Idong, S.Sos., M.Si., Kapolres Sikka AKBP Nelson F.D. Quintas, S.I.K., Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Danlanal Maumere, Kajari Sikka, Ketua pengadilan maumere, Ketua KBPP Polri, Para Kepala Desa Tingkat Kabupaten Sikka, Pegawai dan pejabat daerah Pemda Kabupaten Sikka.

Sedangkan turut mendampingi Kapolda NTT, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.ST., M.K., S.H., M.M., dan sejumlah Pejabat Utama Polda NTT diantaranya Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono, S.H., Dirintelkam Poda NTT Kombes Pol. Jan Wynand Imanuel Makatita, S.I.K., Dirreskrimsus Polda NTT Kombes Pol. Patar M. Yoris Maulana Y. Marzuki, S.I.K., Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja, S.I.K., M.Si., dan Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, S.I.K.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Bupati Sikka yang menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Kapolda NTT dan rombongan atas kunjungan di Pemda Kabupaten Sikka.

"Sampai dengan saat ini kami selaku pemerintahan daerah Kabupaten Sikka Selalu menjalin hubungan baik dengan Kepolisian khususnya dengan Resor Sikka", ucap Bupati Sikka

Tak lupa juga, Bupati menyampaikan ucapan Terima kasih Kapolda NTT yang telah meresmikan Satuan Polairud Untuk wilayah Kabupaten Sikka.

"Semoga dengan adanya Satpolairud di Kabupaten Sikka akan menjadi lebih baik di bidang Pengawasan perairan", Tuturnya.

Selain itu, Bupati juga berharap Pemda akan lebih baik kedepannya dengan mencegah agar tidak terjadinya korupsi.

"Kiranya bapak kapolda NTT dapat memberikan kami masukan dan arahan ke hal yang lebih baik dan bisa membantu Pemda untuk menaikan otonomi daerah dan  menegakkan pajak daerah", harapnya.

Sementara itu, Kapolda NTT juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati, Pimpinan Instansi dan segala unsur yang hadir atas dukungan kepada pihak Kepolisian khususnya di Polres Sikka.

"Saya mengajak Pemerintah daerah untuk saling membatu menjaga kamtibmas agar dapat maksimal melakukan pembangunan daerah", harap Kapolda NTT.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda NTT juga memperkenalkan diri dan menyampaikan Biografi Pribadi sampai dengan menjadi Kapolda NTT.

Kapolda juga menyampaikan bahwa tugas pokok Polri di atur dalam UU No. 2 Tahun 2002 tetang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 14. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13, Kepolisian Negara Republik Indonesia bertugas untuk melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroll terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan.

Kemudian menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan.

Selanjutnya, membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum manyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang - undangan.

Turut serta dalam pembinaan hukum nasional serta memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum.

Disamping itu, Kapolda NTT juga menjelaskan  beberapa penekanan di masa kepemimpinannya.

"Saya ingin Membangun kerjasama dengan semua stakeholder dan menerapkan metode Restorative Justice dalam penegakan hukum", jelasnya.

Kapolda sendiri juga telah membuka komunikasi terbuka antara polisi dan masyarakat sehingga bisa mengetahui kendala - kendala yang dihadapi masyarakat.

"Saya harap Kapolres dan Kapolsek harus manerima masyarakat yang datang untuk menyampaikan keluh kesahnya", pintanya.

"Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat menjadi motivasi dan bermanfaat bagi kita semua", tandasnya.