Kapolda NTT dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI di Sikka

Kapolda NTT dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI di Sikka

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum bersama Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, pada hari Minggu (14/2/2021) di Lapangan Apel Kantor Bupati Sikka, Jalan Eltari, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok memimpin Apel persiapan pengamanan kunjungan Presiden RI Ir H. Joko Widodo ke Kabupaten Sikka.

Presiden RI direncanakan akan tiba di Kabupaten Sikka pada hari Selasa (16/2), dalam rangka peresmian Bendungan Napun Gete di Kecamatan Waiblama.

Apel yang diawali dengan pemeriksaan pasukan serta kendaraan tersebut, dihadiri oleh Karoops Polda NTT, Dirlantas Polda NTT, Dirreskrimsus Polda NTT, Dirintelkam Polda NTT, Kapolres Sikka, Dandim 1603/Sikka, Danlanal Maumere, Wadanyon  Brimob Den B pelopor maumere dan Para perwira Gabungan TNI- Polri.

Sementara peserta apel terdiri dari gabungan personel TNI Polri dan instansi terkait yakni, dari Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka, Lanal Maumere, Brimob Den B Pelopor Maumere, Polair, Sat POL PP dan Damkar.

Kapolda NTT dalam amanatnya mengatakan bahwa, kegiatan pengamanan VVIP kunjungan Presiden RI ini merupakan operasi Waskita dimana dipimpin oleh Pangdam dan Kapolda selaku Wakil serta Danrem.

"Saya mengingatkan, bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang juga sering kita lakukan, tetapi kita tidak boleh Underestimate. Kita tidak boleh mengabaikan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan, kita tetap laksanakan sesuai dengan SOP dan protap yang berlaku,” jelas Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT menekankan kepada anggota agar dalam melaksanakan pengamanan ini dapat mempersiapkan fisik maupun perlengkapan pendukung seperti jas hujan mengingat saat ini adalah musim penghujan. 

Kapolda juga mengajak seluruh anghota untuk melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan, penuh rasa tanggung jawab sebagai tuan rumah yang baik. Dan kepada masyarakat untuk bisa menyambut bapak Presiden dengan keramahtamahan daerah Sikka khususnya, Nusa Tenggara Timur umumnya.

"Selamat bertugas dan mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa, jaga kesehatan dan tetap laksanakan protokol kesehatan. Jangan sampai nanti pengamanan tugas ada yang tidak menggunakan masker dan sebagainya, karena ini akan juga menjadi salah satu pengamatan di lapangan", pungkasnya.

Usai pelaksanaan apel, Kapolda NTT dan Danrem 161/WS melakukan peninjauan situasi dan kesiapan di Bendungan Napun Gete yang merupakan lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden RI.