Kapolda NTT dan Pejabat Utama Ikut Upacara Secara Virtual HUT ke-71 Polairud

Kapolda NTT dan Pejabat Utama Ikut Upacara Secara Virtual HUT ke-71 Polairud

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum mengikuti upacara peringatan HUT ke-71 Polairud tahun 2021 yang digelar di Mako Ditpolairud Polda NTT, Desa Bolog, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Rabu (1/12/2021).

Upacara yang digelar secara virtual ini dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dihadiri oleh pejabat Mabes Polri.

Sementara itu, di Polda NTT upacara HUT ke-71 dengan tema "Polri yang presisi, Airud siap mendukung percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional tumbuh menjadi Indonesia Tangguh" ini dihadiri oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli S.S.T.M.K., S.H., M.M dan para Pejabat Utama Polda NTT.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit, M.Si mengatakan, bahwa peran para pendahulu di awal berdirinya Polairud pada 1 Desember 1950 sangat penting hingga Polairud bisa eksis hingga kini untuk menjaga laut dan udara di wilayah NKRI.

"Eksistensi Korpolairud Baharkam Polri sampai dengan saat ini merupakan buah dari kerja keras dan pengorbanan dari para senior pendahulu kita, yang sudah merintis pembentukan organisasi, pengembangan peralatan, infrastruktur serta sumber daya manusia sehingga bisa berkembang seperti sekarang,” katanya.

“Peran serta para anggota Korpolairud Baharkam Polri dalam mengemban berbagai tugas sampai dengan saat ini, merupakan wujud representasi kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat sebagaimana dengan tema HUT Airud ke-71 yaitu “Polri yang Presisi, Airud Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tumbuh Menuju Indonesia Tangguh,” sambung pucuk pimpinan tertinggi di Polri ini.

Pada kesempatan ini, Kapolri juga memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Korpolairud Baharkam Polri atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian terbaik yang telah diberikan dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas serta mendukung berbagai program Pemerintah.

"Berbagai macam penghargaan selama tahun 2021 yang telah diberikan 24 pin mas Kapolri, dua pin perunggu Kapolri l, penghargaan Kapolri, promosi pendidikan dan tentunya yang terakhir dua pin emas total 45 personel Polri yang mendapatkan medali pada event Pon 2020 di Papua tahun 2021", ujar Kapolri.

Dikatakannya, ini adalah bentuk prestasi yang tentunya harus tetap dipertahankan dan harapannya penghargaaan-penghargaan ini akan terus memotivasi mengembangkan kemampuan para personel Polairud untuk terus memberikan kehormatan kepada seluruh seluruh personel Polri khususnya Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolri juga menyampaikan bahwa, tantangan tugas kedepan tentunya akan semakin kompleks.

"Situasi penanganan covid-19, saat ini kita diperhadapkan dengan perkembangan situasi ketidakpastian dan adanya kemunculan varian-varian baru, ini tentunya memiliki resiko terhadap vatalitas dan motalitas yang saat ini menjadi ancaman bagi seluruh dunia dan bagi kita", ujar Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

"Terimakasih kepada rekan-rekan Polairud yang telah melaksanakan tugas untuk membantu menghentikan laju pertumbuhan covid-19 dengan melakukan patroli-patroli, menegakan protokol kesehatan di wilayah-wilayah perkampungan nelayan, wilayah perairan termasuk bagaimana rekan-rekan melakukan pendistribusian vaksin sehingga vaksin bisa didorong ke wilayah pulau terluar dan terpencil sehingga masyarakat juga mendapatkan kepastian untuk mendaptkan vaksin dalam rangka meningkatkan immunitas, juga termasuk distribusi logistik", ucapnya.

Usai digelarnya upacara virtual, Kapolda NTT beserta Pejabat Utama melanjutkan kegiatan syukuran yang digelar di Komplek Ditpolairud Polda NTT.