Kapolda NTT Hadiri Kegiatan Dukungan Psikososial Bagi Anak-Anak Terdampak Covid-19

Kapolda NTT Hadiri Kegiatan Dukungan Psikososial Bagi Anak-Anak Terdampak Covid-19

Tribratanewsntt.com - Polda NTT melalui Biro SDM gelar kegiatan dukungan psikososial bagi anak-anak terdampak covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/11/2021).

Kegiatan dengan tema "Peduli anak Indonesia Tangguh" ini pun dilaksanakan serentak di Indonesia secara virtual yang dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Panglima TNI Marsekal TNI Dr (H.C) Hadi Tjahjanto, S.IP dan Menteri sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak RII Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si.

Di NTT sendiri dilaksanakan di Aula Hotel Pelangi Kupang yang dihadiri oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, Irwasda Polda NTT dan Para Pejabat Utama Polda NTT dan Undangan dari sejumlah Instansi diantaranya, Danramil 1604 01 Kupang, Kapolsek Kelapa Lima, Camat Kelapa Lima, perwakilan Dinas Sosial Provinsi NTT kepala dan Himpunan Psikolog Indonesia wilayah NTT. Ada

Sementara sasaran Dukungan Psikososial ini diikuti oleh sebanyak 58 orang anak terdampak covid-19 di Kota Kupang terdiri dari 28 anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena covid-19, 16 anak-anak dari Panti Asuhan, 8 anak Disabilitas dan 8 anak-anak Loper Koran.

Dalam kegiatan ini, secara simbolis Kapolda NTT meyerahkan bantuan sosial berupa bingkisian dan tali asih kepada 4 perwakilan anak-anak terdampak covid-19. Acara ini juga menghadirkan bintang tamu dari Crue Kabowx Chanel yakni, Bosan dan Susi Rara bersama Polwan dari PPA Ditreskrimum Polda NTT untuk memberikan hiburan, penguatan dan dukungan moril agar meminimalisir traumatik yang dirasakan oleh anak-anak.

Saat mengikuti acara secara virtual, Kapolri, Panglima TNI, Menteri Sosial RI dan Menteri PPA RI berkesempatan menyapa dan memberikan motivasi maupun semangat bagi anak-anak terdampak covid-19 di NTT dan sejumlah anak-anak di Porovinsi lain.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Dukukungan Psikososial bagi anak-anak terdampak Covid-19.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini yang sesuai tema Peduli Anak Indonesia Tangguh dimana dihadiri oleh 58 anak-anak terdampak covid-19", ujar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda NTT pun mengingatkan kembali kepada anak-anak yang hadir terkait motivasi dan harapan dari Panglima TNI, Kapolri, Menteri Sosial RI dan Menteri PPA RI agar terus semangat dalam menjalani hidup.

"Anak-anak ku sekalian diharapkan tetap semangat dalam belajar, semangat dalam menjalani hidup di tengah kehidupan-tengah kesulitan pandemi covid-19", harapnya.

Dijelaskan bahwa kegiatan Ini merupakan kegiatan Polri dalam rangka melakukan pendampingan terhadap anak-anak yang terdampak covid-19 sehingga penanganan bagi anak-anak dapat tertangani dengan baik.

"Pada intinya kita (TNI Polri) mendorong Pemerintah Daerah untuk juga konsen, karena kita TNI Polri hanya selaku motivator", jelasnya.

Kapolda NTT berharap dengan sinergitas TNI Polri dan Pemerintah Daerah serta tokoh lintas agama yang ada di NTT muda-mudahan bisa membantu meringankan beban dari anak-anak di NTT yang terdampak covid-19.

Ia juga mengapresiasi kemajemukan yang ditunjujan dalam kegiatan ini dimana kehadiran anak-anak merupakan dari lintas agama.

"Saya liat yang hadir di sini ada anak-anak kita dari Muslim kemudian dari Kristen, Hindu dan Budha. Ini menujukan bahwa segala yang kita lakukan ini berdasrkan ketulusan dan keikhlasan untuk untuk masa depan anak-anak kita", tandasnya.