Meriahkan Hari Bhayangkara ke-76, Polda NTT Gelar Lomba Mural

Meriahkan Hari Bhayangkara ke-76, Polda NTT Gelar Lomba Mural
Goresan pertama pada tembok oleh Kapolda NTT yang menandai dimulainya perlombaan Bhayangkara Mural Polda NTT tahun 2022

Tribratanewsntt.com - Sebanyak 24 pemural memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76, dalam lomba mural yang digelar Polda NTT di Kompleks Mapolda NTT, Kota Kupang, Sabtu (25/6/2022).

Para peserta ini pun berasal dari Komunitas Mural yang ada di Kota Kupang.

Lomba Mural 76 Tahun Hari Bhayangkara ini, Polda NTT mengangkat tema "Polisi Adalah Kita" dengan sub tema dibagi menjadi empat yakni Stop sebarkan hoaks gunakan sosmed untuk tebar kebaikan, Ancaman hoaks dan konflik sosial, Raih mimpimu tanpa narkoba serta Bersama menjaga Indonesia dengan vaksinasi.

"Ini adalah sebuah kegiatan seni mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran, hati kemudian dituangkan di tembok sebagai media dalam bentuk sebuah lukisan dan tidak semua orang bisa melakukannya", ujar Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H saat membuka langsung kegiatan ini.

Jenderal bintang dua ini pun menyamapiakan apresiasi kepada Kabidhumas dan seluruh panitia yang telah mengkoordinir kegiatan ini dengan baik.

"Ada spot yang sudah disiapkan, tentu berdasarkan seleksi dan diberikan kesempatan untuk menampilkan karyanya di tembok Polda Nusa Tenggara Timur yang mana mengandung makna sesuai tema yang diusung", ujar Kapolda NTT.

"Semua yang ditampilkan nantinya, semuanya adalah penjabaran dari pada tempa "Polisi adalah kita". Jadi tidak ada  tema yang istilahnya membelot atau keluar dari tema yang sudah digariskan", tambahnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan mural ini, muncul muralis-muralis yang berkualitas. 

"Kita sekarang berkejaran dengan tehnologi, banyak sekali papan reklame, spanduk, baliho yang sudah menggunakan alat-alat canggih dan sebagainya, tetapi tidak bisa  menggantikan mural-mural yang adadi tembok seperti ini", katanya.

"Hal ini merupakan bentuk apresiasi kami (Polda NTT) kepada seluruhmuralis-muralis yang ada di Kota Kupang khususnya untuk bisa menampilkan karyanya yang terbaik", tandas Kapolda NTT.

Hadir meramaikan kegiatan ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, NTT, Irwasda Kombes Pol Drs. Zulkifli S.S.T., M.K., S.H., M.M,  Kabidhumas AKBP Ariasandy, S.I.K dan para Pejabat Utama Polda NTT serta para Dewan Juri.

Pembukaan Lomba Bhayangkara Mural ini ditandai dengan goresan pertama pada tembok oleh Kapolda NTT, Wakapolda NTT, Irwasda Polda NTT dan Kabidhumas Polda NTT.