Panglima Kodam XIII/Merdeka sempatkan diri kunjungi Polres Belu

Panglima Kodam XIII/Merdeka sempatkan diri kunjungi Polres Belu

Tribratanewsntt.com - Usai melakukan kunjungan kerjanya di Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Raider 712/WT dan Kodim 1605 Belu, Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE, MM, kamis (14/9/17) sore, melanjutkan agenda kunjungan kerjanya dengan menyambangi Polres Belu.

Tiba di pintu masuk mako Polres sekitar pukul 17.20 wita, Pangdam XIII/Merdeka disambut Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan, SH, SIK, M.Si serta jajar kehormatan dari anggota Dalmas Polres Belu.

Masih di halaman Mako Polres Belu, Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan yang juga didampingi Bupati Belu Willybrodus Lay, turut disambut oleh Waka Polres Belu Kompol I Ketut Perten, para Kabag, Kasat, Kasubden 2 Pelopor Brimob Atambua serta Perwira Staf Polres Belu.

Dalam kunjungannya kali ini, mantan Dandim 1605 Belu periode 2003 lalu, melakukan tatap muka bersama seluruh anggota Polres Belu dan Subden 2 Pelopor Brimob Belu,di aula Wira Satya Lantai 2 Polres Belu.

Acara tatap muka di awali dengan sekapur sirih dari Kapolres Belu yang berisi ucapan selamat datang kepada Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan, dilanjutkan dengan paparan singkat tentang kondisi wilayah kamtibmas di wilayah hukum Polres Belu yang membawahi 2 kabupaten yakni Belu dan Malaka.

Pada kesempatan tatap muka ini, Kapolres Belu mengungkapkan bahwa sinergitas Polres Belu dengan jajaran TNI Kodim 1605 Belu, Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Raider 712/WT dan Batalyon Raider Sus 744/ SYB saat ini terjalin cukup baik, khususnya dalam pelaksanaan tugas menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL.

“Dapat Kami sampaikan kepada Jenderal, bahwa kebersamaan Kami dengan rekan-rekan TNI terasa sekali di batas. Dalam hal penegakkan hukum, Kami bersama-sama telah menggagalkan upaya penyelundupan BBM sebanyak 13 ton. Dalam hal harkamtibmas, Kita sudah sering menggelar patroli terpadu ke batas-batas, baik dengan jalan kaki maupun dengan sepeda motor” kata Kapolres Belu.

“Sementara dalam hal sosial, Kita sering mengadakan bakti sosial hingga mendapat apresiasi dari Mabes Polri karena ada 13 ribu masyarakat yang Kita layani. Dan kegiatan tersebut diliput langsung oleh 12 media nasional”lanjut Kapolres Belu.

Sementara Pangdam XIII/Merdeka, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kekompakan dan kerja sama yang sudah ditunjukkan TNI-Polri diperbatasan.

Untuk itu, Jenderal bintang dua ini berharap kekompakkan yang sudah terjalin dengan baik, dapat terus dipelihara sebab NKRI akan tetap berdiri kokoh apabila TNI dan Polri bersatu.

“Kekuatan negara Indonesia terletak pada TNI-Polri sehingga banyak musuh-musuh yang ingin menghancurkan NKRI dengan jalan mempengaruhi dan mengadu domba. Untuk itu, Saya minta rekan-rekan tetap menjaga kekompakan, jalin kerjasama secara baik dengan instansi terkait lainnya dan hilangkan ego sektoral dalam diri masing-masing” kata Pangdam XIII/Merdeka.

Acara tatap muka yang dikemas sederhana ini, diakhiri dengan saling bertukar cendera mata antara Pangdam XIII/Merdeka dan Kapolres Belu serta foto bersama di aula Wira Satya Polres Belu.

Selain keluarga besar Polres Belu dan Brimob, tatap muka ini dihadiri  Asintel Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf. Eko Prayitno, Asops Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf. M. Suharto, Dandim 1605 Belu Letkol Czi.Nurhidin Adi Nugroho, SE, Dansatgas Pamtas Sektor Timur Yonif R 712/Wt Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan,SE, Danyon 744/SYB Letkol Inf. Samsul Huda,SE, Anggota DPRD Belu serta insan pers Kab. Belu.