Patroli Berkuda Ditsamapta Polda NTT Dapat Perhatian dari Masyarakat

Patroli Berkuda Ditsamapta Polda NTT Dapat Perhatian dari Masyarakat
Patroli Berkuda Ditsamapta Polda NTT Dapat Perhatian dari Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Unit Satwa Ditsamapta Polda NTT menggelar patroli berkuda di wilayah perkampungan Matani, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tegah, Kabupaten Kupang, Rabu (17/11/2021).

Patroli sambang dialogis yang melibatkan dua ekor satwa Kuda Turangga ini dipimpin oleh Danru Bripka Lambertus Mata bersama tiga personel Unit Satwa Ditsamapta Polda NTT.

Adapun sasaran patroli kali ini dengan menyambangi warga yang sedang melakukan aktivitas dan Juga mengunjungi kos-kos di perkampungan Matani.

Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., melalui Kanit Satwa Ditsamapta Polda NTT Aipda Vinsen Loye menyampaikan patroli berkuda dalam rangka memantau situasi kamtibmas yang berada di perkampungan yang mana wilayah perkampungan tersebut sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Yang kami lakukan ini sudah merupakan SOP, patroli berkuda unit Turangga ini akan rutin dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di perkampungan yang sulit dijangkau oleh kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua", ujar Bripka Lambertus Mata.

Sejak tahun ini, polisi berkuda mulai disosialisasikan di masyarakat serta dipakai untuk patroli kegiatan Kamtibmas.

"Kegiatan ini agar dikenal masyarakat dan juga untuk kegiatan patroli dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan," tandasnya.

Selama kegiatan patroli tidak ditemukan adanya barang atau bahan-bahan yang dicurigai dan membahayakan warga.

Kehadiran Polisi dengan menunggangi kuda ini juga mendapat perhatian dari semua warga yang didatangi saat itu. Warga masyarakat pun merasa senang dan sempat meminta untuk berfoto.

Salah satu warga, Marta (23), mengaku senang dengan kehadiran kuda-kuda dalam kegiatan Patroli tersebut. Ia pun menyempatkan diri untuk bertransaksi dan berfoto dengan kuda tersebut.

"Saya senang karena di NTT sudah ada pasukan berkuda dari Kepolisian dimana hal ini jarang kita lihat, biasanya kita lihat di film-film saja, sehingga kami pun minta Pak Polisi untuk bisa foto bersama", ucap Marta.