Penghormatan HUT ke-73 Polairud NTT: Tabur Bunga di Laut Teluk Kupang untuk Para Pahlawan Laut

Penghormatan HUT ke-73 Polairud NTT: Tabur Bunga di Laut Teluk Kupang untuk Para Pahlawan Laut

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) merayakan HUT ke-73 Korps Polairud dengan menggelar upacara tabur bunga di perairan Teluk Kupang. Jumat (1/1/2023) pagi.

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., memimpin langsung kegiatan ini, didampingi oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., Pejabat Utama Polda NTT, Bhayangkari, dan tamu undangan.

Upacara berlangsung di atas Kapal Polisi Pulau Pomana XXII-3017 Ditpolairud Polda NTT, diapit oleh dua Kapal Type C1, yaitu KP. Pulau Sebayur XXII-3011 dan KP. Pulau Adonara XXII-3010.

Kegiatan dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga di laut, penghormatan terakhir, dan penaburan bunga di laut Teluk Kupang.

Dalam peringatan HUT ke-73 Polairud dengan tema 'Polairud Presisi Siap Mengamankan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju', Kapolda NTT menyampaikan bahwa upacara tabur bunga ini tidak hanya untuk memperingati HUT Korps Polairud, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam medan perang di laut.

Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., menyatakan bahwa tabur bunga dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan doa bagi para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya dalam membela negara. Meskipun makam mereka tanpa nisan, doa tersebut diharapkan dapat menjadi penghormatan kepada jasa-jasa mereka.

Upacara tabur bunga ini juga mencerminkan kepedulian pimpinan Polri terhadap anggota Polairud, menjadi momen anjangsana sebagai bentuk apresiasi terhadap pengorbanan jiwa raga para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.