Penguatan SDM di Bidang Komunikasi Publik, Divisi Humas Polri Gelar Pelatihan Menulis Berita Daring Kepada Jajaran Humas Se-Indonesia

Penguatan SDM di Bidang Komunikasi Publik, Divisi Humas Polri Gelar Pelatihan Menulis Berita Daring Kepada Jajaran Humas Se-Indonesia

Tribratanewsntt.com - Divisi Humas Polri mengadakan Pelatihan Menulis Berita Daring Tahun Anggaran 2022 kepada personel Humas se-Indonesia, Rabu (23/2/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan secara zoom meeting ini dihadiri oleh Kadivhumas Polri Irjen Pol. Dr. Dedi P. Setyo, M.Hum., M.Si., M.M., Direktur Utama Tempo Instutute Arif Zulkifli, dan Karo Divisi Humas Polri serta diikuti oleh 34 personel Humas Polda se-Indonesia dan satu personel dari Divisi Humas Polri dari kesatuannya masing-masing.

Dalam kegiatan ini Divisi Humas Polri berkerja sama dengan PT. Tempo Institute dengan menghadirkan para fasilitator yang mempunyai kompetensi di bidang jurnalistik terkait menulis berita Daring guna penguatan SDM bidang Kehumasan dalam menghadapi tantangan digital 4.0 saat ini dan ke depan serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Pelatihan ini akan jadwalkan selama tiga hari bagi Personel humas jajaran Polda sebagai upaya menjadikan SDM Polri yang unggul di era digital 4.0.

Kegiatan Pelatihan Menulis Berita Daring ini dibuka langsung oleh Kadivhumas Polri Irjen Pol. Dr. Dedi P. Setyo, M.Hum., M.Si, yang mana, juga diikuti oleh salah satu personel Bidang Humas Polda NTT, Bripka Algyan Ndoen.

Kadivhumas Polri Irjen Pol. Dr. Dedi P. Setyo, M.Hum., M.Si., M.M., dalam arahannya, mengatakan bahwa mengacu pada data Kominfo pada tahun 2021 bahwa Indonesia ini adalah sebagai rumah bagi dua ratus enam puluh delapan juta orang yang memiliki dan juga menggunakan internet yang terbesar keempat di dunia. Di mana terdapat sekitar Seratus delapan puluh lima juta pemula internet atau enam puluh delapan persen orang yang mengakses internet dari HP di tahun 2021.

"Diperkirakan juga data tersebut dapat mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Saat ini kita menghadapi percepatan luar biasa Di dunia digital ini dan Polri harus mampu beradaptasi terhadap teknologi dan Ada beberapa teknologi-teknologi yang saat ini berkembang sangat cepat sekali, oleh karena itu melalui pembekalan personel humas Polri yang diharapkan dapat melahirkan para digital FB atau para millennial agar tidak membuat Polri berada dalam satu pusaran isu negatif", ucap Kadivhumas Polri.

Dikatakannya, adapun peningkatan kapasitas melalui kinerja sama dengan PT. Tempo Institute. "Institute ini dirasakan sangat perlu dan ini juga kontribusi dan support dari Tempo Institute untuk Institusi Kepolisian. Oleh karena itu tolong dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh peserta pelatihan", katanya.

"Sekali lagi ini kepada seluruh anggota apalagi yang masih muda-muda, kamu jangan pernah berhenti dan berpuas terhadap kemampuan dan ilmu yang kamu memiliki selama ini. Terus mengasa kamampuan sebagaimana masyarakat juga berkembang dengan sangat cepat", tambahnya.

Pelatihan ini tentunya sebagai jawaban Polri dalam mengimplementasikan apa yang menjadi arah kebijakan bapak Kapolri. Diantaranya formasi menuju Polri yang presisi yang salah satunya adalah penguatan  SDM dan penguatan di bidang komunikasi publik.

Kadivhumas Polri juga menjelaskan bahwa pelatihan tersebut nantinya akan memberikan pembekalan dan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam beberapa hal.

"Yang pertama memahami potensi-potensi berita Daring dari yang mampu merebut perhatian membaca. Kedua, memahami konsep ide dalam menyusun narasi berita Daring. Ketiga, memahami teknik berita daring. Dan yang keempat menyadari dan memanfaatkan isu dalam penulisan berita tersebut. Diharapkan seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan pelatihan menulis berita Daring secara sungguh-sungguh sebagai upaya menjadikan sdm Polri yang unggul di era digital 4.0, sehingga para peserta lebih siap dalam melaksanakan tugasnya terutama dalam penulisan berita didaerahnya masing-masing", jelasnya

Diakhir sambutannya, Kadivhumas Polri mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang telah berkontribusi dalam kegiatan pelatihan ini.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia dan juga kepada Direktur Utama Tempo Instutute bersama tim yang telah meluangkan waktu, membantu men-support Polri khususnya di jajaran Humas sehingga ke depannya akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di dalam tugas kami", tandasnya.