Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2022, Kapolda NTT Minta Personel Polres Ende Lakukan Pengamanan Secara Humanis

Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2022, Kapolda NTT Minta Personel Polres Ende Lakukan Pengamanan Secara Humanis

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., meminta kepada personel Polres Ende dalam melaksanakan tugas pengamanan upacara peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila tahun 2022 secara humanis.

Hal ini disampaikan Kapolda NTT didampingi Wakapolres Ende Kompol I Ketut Suka Abdi saat melakukan tatap muka bersama para pejabat Utama Polres Ende di ruangan PPKO Mapolres Ende, Sabtu (21/5/2022) siang.

"Harus jelas apa yang akan dilakukan oleh masing- masing anggota dalam menjalankan tugas pengamanan dan hindari sikap arogan dalam melakukan tindakan terhadap masyarakat", ucap Kapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT berharap pengamanan yang dilakukan ini secara VVIP sehingga segala bentuk kegiatan harus di persiapan dengan matang dan baik.

"Karena ini peristiwa yang sangat penting, diharapkan tidak terjadi kekurangan yang akan terjadi, sehingga diperlukan koordinasi lebih lanjut agar persiapan lebih matang dalam kegiatan tersebut", tegasnya.

"Perlu adanya antisiapsi terhadap masyarakat yang datang dari Kabupaten lainnya, untuk itu Kabagops harus berkoordinasi secara berjenjang dengan Kabagops Polres Sikka, Nagekeo dan Ngada, guna melakukan pendataan kepada masyarakat yang akan datang menyaksikan kegiatan peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila tahun 2022", pintanya.

Dalam pertemuan itu, Kapolda NTT juga mendengarkan pemaparan Kabagops Polres Ende terkait kesiapan Polres Ende dalam rangka upacara peringatan hari Lahir Pancasila secara Nasional di Kabupaten Ende dilanjutkan dengan Paparan materi oleh Kasat Lantas Polres Ende tentang Pengamanan rute.

Kapolda juga menyatakan bahwa kegiatan pengamanan merupakan pengamanan gabungan, jadi harus dilakukan secara militan.

"Para pakor harus bisa berkoordinasi dan berkerja sama dengan para penanggung jawab dari Instansi lain yang terlibat dalam satu lokasi pengamanan. Kredibilitas kita harus dilaksanakan secara maksimal dan dipersiapan secara matang. Serta Antisipasi penumpukan kendaraan, dikarenakan kondisi jalan yang sempit dan Profalling setiap orang secara humanis", tandasnya.

Selesai memberikan arahan, Kapolda NTT didampingi oleh Wakapolres dan Para Pejabat Polres Ende melakukan peninjauan Mako Polres Ende dan halaman apel Polres Ende, dilanjutkan dengan pemantauan jalur pengamanan mulai dari lapangan Pancasila Ende, Taman Renungan Bung Karno, Museum Tenun Ikat Ende, Situs Bung Karno dan pasar Mbongawani Ende.