Personil Ditlantas Polda NTT Bagikan Masker Gratis Pada Operasi Patuh Ranakah di Kota Kupang

Personil Ditlantas Polda NTT Bagikan Masker Gratis Pada Operasi Patuh Ranakah di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Personil Ditlantas Polda NTT melakukan Operasi Patuh Renakah 2021, Senin (27/9/2021). Pada giat tersebut Polantas membagikan masker kepada pengendara maupun penjalan kaki di wilayah Oesapa Kota Kupang.

Kasat PJR Ditlantas Polda NTT Kompol Yavred Adiberd Adoe yang memimpin operasi ini menjelaskan, dalam operasi kali ini personil turut membagikan masker kepada para pengendara maupun pejalan kaki yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan berupa tidak menggunakan masker.

“Pengendara maupun penjalan kaki yang melanggar prokes, kita berhentikan untuk diberikan pembinaan sekaligus dibagikan masker,” jelas Kasat PJR Ditlantas Polda NTT Kompol Yavred Adiberd Adoe.

Pembagian masker tidak hanya dilakukan di pinggir jalan, petugas juga mendatangi langsung supir angkot, pengemudi ojek, penumpang, pengendara sepeda motor dan pengguna jalan kaki membagikan masker gratis tersebut. "Kami menyiapkan ratusan masker yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam Operasi Patuh Renakah 2021", ucapnya.

Diakuinya bahwa masih banyak warga dan pengendara yang kurang sadar, dengan tidak memakai masker di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini.

“Sampai saat ini masih ada saja masyarakat yang belum menggunakan masker. Bagi yang tidak pakai masker kita imbau pakai dan diberi maskernya", terangnya.

Kegiatan operasi ini juga dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di tengah pandemi covid-19. Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19.

Kegiatan operasi patuh dilaksakan secara simpatik dalam hal ini tidak adanya penindakan terhadap pelanggar dan hanya bersifat peneguran, selanjutnya di bagikan masker kesehatan kepada pengendara maupun pejalan kaki yang tidak menggunakan masker.

"Operasi patuh ini, merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19", pungkasnya.

Dalam kegiatan operasi ini melibatkan 15 orang personel gabungan yang terdiri dari 10 orang Ditlantas Polda NTT, Dua orang personel Intel, satu orang Provost dan dua orang dari POM AD.