Pimpin Rakor Kesiapan Pilkada Tahun 2020, Kapolda NTT: Polri Akan Tindak Tegas Pelanggaran Pidana Pilkada

Pimpin Rakor Kesiapan Pilkada Tahun 2020, Kapolda NTT: Polri Akan Tindak Tegas Pelanggaran Pidana Pilkada
Pimpin Rakor Kesiapan Pilkada Tahun 2020, Kapolda NTT: Polri Akan Tindak Tegas Pelanggaran Pidana Pilkada
Pimpin Rakor Kesiapan Pilkada Tahun 2020, Kapolda NTT: Polri Akan Tindak Tegas Pelanggaran Pidana Pilkada

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum. memimpin kegiatan Rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dalam masa pandemi Covid 19 di wilayah hukum Polda NTT, Selasa (22/9/2020).

Rapat Koordinasi kesiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 dalam masa pandemi Covid-19 di Wilayah Hukum Polda NTT digelar di lobby Mapolda NTT.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda NTT Benediktus Polomaing, Danrem 161 / WS Brigjen TNI Petrus Samuel Hehakaya, Danlantamal VII Kupang Brigjen TNI, Danlanud Eltari Kupang Kolonel Pnb Bambang Junior Djatmiko, Kabinda Prov. NTT Brigjen TNI Adrianus San, S. Sos, M. Tr, Aspidum Kejaksaan Tinggi NTT, Pengadilan Tinggi NTT diwakili oleh Hakim Tinggi Engku Prasetyo, S.H., Ketua KPU Prov. NTT Thomas Dohu, S.HUT, M.Si serta Komisioner Bawaslu NTT Baharudin Hamsah.

Tampak hadir pula Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H. M.H., M.Si, para pejabat utama Polda NTT, para Kapolres Jajaran Polda NTT, Para Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Kota, Pengurus Partai PKB Ana Waha Kolin, Pengurus Partai Golkar Bapak Frans Sarong, Pengurus Partai Hanura, Pengurus partai Nasdem serta Pengurus Partai PDIP.

Pada kesempatan tersebut Kapolda NTT menekankan agar dalam pelaksanaan pengamanan tidak under estimate terhadap situasi yang terjadi agar tetap aman dan kondusif.

Kapolda NTT juga menekankan agar maklumat Kapolri bisa disosialisasikan oleh pimpinan Parpol kepada Paslon dan pendukungnya.

"Polri akan melakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur jika terjadi pelanggaran dan pidana pada Pilkada"tegas Kapolda NTT.

Kepada Kapolres, lanjutnya, agar tidak ragu kedepankan komunikasi dan koordinasi guna tindaklanjuti masalah yang terjadi sekecil apapun.

"Jaga Netralitas Polri sesuai arahan dan perintah Kapolri. Segera disosialisasikan aturan-aturan baru sehingga tidak ada miss komunikasi sehingga terselenggaranya Pilkada yang aman dan damai" tambahnya

Jenderal Bintang dua ini juga mengingatkan agar melakukan pemetaan dan mapping, koordinasikan dengan Penyelenggara dan paslon untuk tidak mengerahkan massa secara besar-besaran serta rayonisasi dan penebalan pengamanan telah disiapkan guna membackup wilayah yang melaksanakan Pilkada.

Kapolda juga mengingatkan agar Kesiapan KPU untuk bisa menerapkan protokol kesehatan sampai tingkat TPS.

Dikesempatan yang sama Sekda NTT Benediktus Polomaing mengatakan bahwa masing-masing penyelenggara/ASN/ TNI/Polri dan semua elemen masyarakat berperan aktif dalam Pilkada.

"Taat aturan yang telah menjadi komitmen baik teknis pilkada maupun aturan tentang Covid-19, diimbau kepada paslon dan parpol pendukung serta semua pihak taat terhadap protokol kesehatan"ujar Sekda NTT Benediktus Polomaing.

Beliau juga mengaharapkan Netralitas ASN harus tetap dijaga dan pengawasan terhadap ASN terus dilakukan, apabila ada ASN yang tidak netral agar segera dilaporkan.

"Semoga Pilkada ini menghasilkan pemimpin yang berkualitas"pungkasnya.