Pimpin Upacara Bulanan, Irwasda Polda NTT Beri Apresiasi Kepada Seluruh Personel atas Pelaksanaan Tugas Rutin Maupun Pengamanan Kegiatan Tertentu

Pimpin Upacara Bulanan, Irwasda Polda NTT Beri Apresiasi Kepada Seluruh Personel atas Pelaksanaan Tugas Rutin Maupun Pengamanan Kegiatan Tertentu

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., pimpin upacara bendera bulanan yang digelar di Lapangan Utama Ricky Sitohang Mapolda NTT, Rabu (17/5/2023) pagi.

Upacara pengibaran bendera ini diikuti oleh para Pejabat Utama dan seluruh anggota serta ASN di lingkup Polda NTT.

Upacara yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, memupuk disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas dan kebersamaan serta mempunyai makna khusus sebagai sarana untuk introspeksi dan evaluasi sejauh mana kinerja yang telah diberikan kepada organidasi, masyarakat, bangsa dan negara.

"Upacara bendera bulanan ini merupakan kegiatan rutin di kesatuan Polri. Dan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dalam upaya untuk membangun satu karakter bangsa yang berdaulat dan berintegritas tinggi yang menjadi pemersatu bangsa", ucap Irwasda Polda NTT.

"Dengan tertanamnya nilai-nilai kebangsaan tersebut akan tumbuh rasa cinta dan tanggung jawab sebagai anggota polri kepada bangsa dan negara, dalam menciptakan kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang kondusif guna terlaksananya pembangunan nasional", tambahnya.

Pada bulan mei ini, Provinsi NTT bertempat di labuhan bajo menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 perhimpunan bangsa-bangsa asia tenggara (Asean).

"Ini juga merupakan ajang promosi destinasi wisata Indonesia ke Asean dan dunia", ungkapnya.

Dikatannya bahwa kegiatan KTT asean 2023 dari hari pembukaan sampai dengan hari penutupan bisa berjalan dengan sangat aman dan lancar.

"Tanpa adanya gangguan berkat kinerja dari aparat keamanan khususnya personel Polda NTT. Di samping itu keberhasilan pengamanan KTT ke-42 asean summit tidak terlepas dari adanya peran sinergitas dan kolaborasi antara TNI-Polri serta stakelholder terkait. Terutama juga andil masyarakat dalam turut memberikan kelancaran dengaan mematuhi aturan - aturan yang sudah di tetapkan, sehingga pelaksanaan KTT Asean berjalan aman dan lancar", katanya.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Polda NTT dan jajaran atas segala dedikasi, kinerja positif dan loyalitasnya dalam pelaksanaan tugas rutin maupun pengamanan kegiatan tertentu", terangnya.

"Puji syukur berbagai tugas rutin maupun kegiatan pengamanan tersebut, dapat kita laksanakan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti. Semoga semangat dan kinerja positif ini, dapat kita pertahankan dan semakin ditingkatkan guna menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah NTT", lanjutnya.

Pada kesempatan itu juga, Irwasda Polda NTT menyampaikan bahwa saat ini ada seleksi penerimaan anggota Polri. Dan sesuai komitmen bapak Kapolri pada saat rakernis SSDM bahwa pelaksanaan rekrutmen personel polri memiliki prinsip betah (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

Selanjutnya secara tegas disampaikan kepada Kadiv Propam, Kapolda dan Karo SDM untuk menindak tegas anggota-anggota yang bermain pada pelaksanaan rekrutmen.

Irwasda juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendaftar atau menjadi anggota korps bhayangkara agar tidak mudah percaya dengan para oknum atau calo yang tidak bertanggungjawab.

"Sekali lagi, kami pastikan bahwa penerimaan Polri tidak dipungut biaya dari masyarakat/pendaftar mulai dari awal sampai akhir rekrutmen. Jangan percaya bila ada yang menjanjikan dapat membantu meluluskan seleksi penerimaan anggota Polri baik dari oknum anggota Polri maupun dari masyarakat dengan mengeluarkan sejumlah uang", tegasnya.

Penerimaan anggota Polri harus bersih, harus transparan dan sekali lagi tidak dipungut biaya. Keberhasilan dalam pelaksanaan seleksi ini sangat ditentukan oleh tingginya integritas dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak untuk mewujudkan pelaksanaan rekrutmen Akpol, Bintara dan Tamtama Polri secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis (betah).

Diakhir arahannya, Irwasda juga menekankan kepada seluruh personel untuk selalu tingkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Selain itu kepala Para kasatker dan kasatwil, Irwasda  perintahkan agar mengelola dan mengatur personel dan sarana prasarana yang dimiliki dengan cermat. Hindari pelanggaran dan praktek pungli sekecil apapun.

Pertahankan dan tetap jaga harmonisme masyarakat dan kerukunan umat beragama di wilayah NTT. Setta Tetap jaga soliditas internal serta mantapkan sinergisitas dan koordinasi dengan TNI, pemerintah daerah dan instansi terkait.

"Tetap semangat dan jaga kesehatan agar tetap bugar sebagai modal utama dalam melaksanaan tugas", pungkasnya.