Polda NTT Kirim 65 orang Personel Jalani Pendidikan Alih Golongan (PAG) T.A. 2021 di Sukabumi

Polda NTT Kirim 65 orang Personel Jalani Pendidikan Alih Golongan (PAG) T.A. 2021 di Sukabumi
Polda NTT Kirim 65 orang Personel Jalani Pendidikan Alih Golongan (PAG) T.A. 2021 di Sukabumi

Tribratanewsntt.com,- Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si, memimpin sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Panda Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri TA. 2021, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan ini dihadiri juga oleh  Irwasda Polda Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widiarto, S.I.K dan para Ketua Tim Panitia Polda NTT serta Pengawas eksternal dan internal.

Acara dimulai dengan pernyataan pembukaan sidang oleh Wakapolda NTT dan paparan singkat oleh Karo SDM Polda NTT

Ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda bangsa ini, juga aktifitas masyarakat serta fasilitas publik yang masih dibatasi, namun Polri tetap eksis menyelenggarakan berbagai jenis seleksi, dan saat ini adalah seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri. 

"Walaupun kita menghadapi tantangan tersebut tetapi proses seleksi tetap berjalan sesuai waktu yang ditentukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang melibatkan personel Biddokkes Polda NTT"ujar Wakapolda NTT dalam sambutannya.

Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) Dari Bintara ke Perwira Polri Ini diselenggarakan, dalam rangka meningkatkan kemampuan, kompetensi dan pembinaan karier anggota Polri khususnya Polda NTT dan jajaran. 

Sesuai Perkap Nomor 4 Tahun 2019 Pasal 18 Seleksi Pag  Bagi Anggota Polri Dengan Usia Antara 46 Tahun S.D. 56 Tahun (Nrp 75 S.D. Nrp 65) Dan Antara Usia 50 Tahun S.D. 56 Tahun (Nrp 71 S.D. Nrp 65).  

Dengan usia peserta yang tidak muda lagi, seleksi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pimpinan Polri kepada personel Polri yang memiliki kinerja dan loyalitas yang baik kepada organisiasi Polri.

Untuk diketahui jumlah peserta PAG dari Bintara ke Perwira Polri yang mendaftar sebanyak 76 orang dan setelah panitia Polda NTT melaksanakan pentahapan seleksi sejak verifikasi administrasi hingga Tes Kompetensi Manajerial (TKM) dengan Computer Assisted Test (CAT)  tersisa 68 peserta.

Berdasarkan kuota dari Panpus maka jumlah peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 65 orang dan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak tiga orang. Terdiri dari Polki 63 orang Polwan satu orang dan penghargaan dari Kapolri satu orang.

“Bagi peserta yang dinyatakan lulus saya ucapkan selamat mengikuti pendidikan, jadikanlah kesempatan ini sebagai momentum untuk mempersiapkan diri lebih baik. Sedangkan bagi peserta yang belum lulus karena keterbatasan kuota jangan putus asa, jadikanlah seleksi ini sebagai media untuk memperkaya pengalaman anda semua”tambah Wakapolda NTT.

Ada beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh para peserta yang dinyatakan lulus antara lain diharapkan tetap menjaga kondisi fisik, laksanakan protokol kesehatan secara ketat serta bangun terus kepercayaan pada diri masing-masing, siapkan mental untuk mengikuti Pendidikan Ahli Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira.

Wakapolda NTT juga meminta para peserta yang dinyatakan lulus seleksi agar selalu meningkatkan disiplin dan hindari berbagai pelanggaran selama mengikuti pendidikan di Setukpa Polri Sukabumi Jawa Barat.

“Walaupun pendidikan hanya sebulan, saya harap agar para peserta dapat mengikuti pendidikan PAG ini dengan baik sesuai program yang telah ditetapkan, karena ini merupakan anugerah dan kebanggaan yang harus disyukuri. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi khususnya kepada para pantia seleksi PAG dari Bintara ke Perwira Polri serta para pengawas internal, yang telah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, semoga tugas yang telah laksanakan akan menghasilkan warisan terbaik bagi Polri khususnya Polda Nusa Tenggara Timur”pungkasnya.