Polda NTT Resmi Terima 276 Bintara Remaja Baru Angkatan 50 Tahun 2023

Polda NTT Resmi Terima 276 Bintara Remaja Baru Angkatan 50 Tahun 2023

Tribratanewsntt.com - Sebanyak 276 Siswa Bintara Polri di Sekolah Kepolisian Negara Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), dilantik menjadi Bintara Polri, Kamis (21/12/2022) pagi.

Upacara Penutupan dan Pelantikan Bintara Polri T.A 2022 dipimpin langsung oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., bertempat di SPN Polda NTT yang dihadiri oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H., Ka SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.St., M.K beserta para pejabat Utama dan Pengurus Bhayangkari Daerah NTT.

Tampak hadir perwakilan Kabinda, perwakilan BNN Provinsi NTT, perwakilan dari TNI, perwakilan dari Pemerintah Provinsi NTT, perwakilan pengadilan tinggi, perwakilan dari Kajati NTT, perwakilan BNI Cabang Kupang, perwakilan dari Mandiri dan tamu undangan lainnya serta para orang tua Bintara Remaja Pembentukan Bintara Polri Polda NTT.

Upacara ini ditandai dengan Pernyataan Penutupan Pendidikan oleh Wakapolda NTT selaku Inspektur Upacara. Selanjutnya Penanggalan Tanda pangkat Siswa, penyamatan Pangkat Efektif, Penerimaan piagam Penghargaan dan pengalungan medali kepada tiga orang siswa terbaik pada bidang akademik, mental dan jasmani, sebelumnya dibacakan Keputusan Kapolri tentang Pengangkatan dan Penggajian Bintara Polri Lulusan Diktukba Polri Gelombang II T.A. 2023.

Pada kesempatan ini, Wakapolda NTT membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Drs. Purwardi Arianto, M.Si., menyampaikan bahwa upacara dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini,   maka Polri telah berhasil menambah personel.

Golongan pangkat bintara dan tamtama sebanyak 15.419 orang. jumlah ini terdiri dari 14.771 polisi laki-laki dan 648 polisi wanita. jumlah tersebut terbagi ke dalam 13.226 bintara polisi tugas umum (276 SPN Polda NTT), 500 bintara brimob, 100 bintara Polair,    1.497 tamtama brimob dan 96 tamtama polair.

Diharapkan, penambahan ini akan meningkatkan pelayanan publik dan kehadiran polisi, mendukung stabilitas keamanan masyarakat. Para siswa SPN Polda NTT menjalani pendidikan selama 5 bulan, dan sejak 21 Desember 2023, mereka resmi menjadi bagian dari Bhayangkara negara.

Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto, menekankan pentingnya sikap, tutur kata, dan perilaku polisi sebagai teladan masyarakat. Mengingat tantangan berat, khususnya menjelang Pemilu 2024, Polri diingatkan untuk proaktif dalam menjaga keamanan melalui upaya preemtif, preventif, dan penegakan hukum.

Pentingnya hubungan positif dengan masyarakat juga disoroti, di mana kepercayaan masyarakat dapat ditingkatkan dengan pelayanan tulus, respon cepat terhadap keluhan, dan dukungan terhadap SDM yang berkarakter.

Bintara remaja diingatkan untuk memegang teguh nilai Tribrata dan Catur Prasetya, menjaga moral dan integritas, serta terus mengembangkan kemampuan diri untuk menjadi polisi yang profesional.