Polres Ende Gelar Latihan Simulasi Sispamkota

Polres Ende Gelar Latihan Simulasi Sispamkota

Tribratanewsntt.com - Polres Ende menggelar latihan simulasi peragaan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Mapolres Ende, Kebupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (16/3/2019) kemarin.

Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Apel latihan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin, S.I.K.

Latihan ini dipimpin oleh Kabagops Kompol I Ketut Suka Abdi selaku Karendalopsres dan Kasat Sabhara Iptu Agus Kuswanto sebagai koordinator latihan.

Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin, S.I.K., saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Minggu (17/3/2019) sore, menuturkan bahwa latihan Sispamkota ini penting dilaksanakan dalam rangka kesiapan personel serta sarana prasarana yang ada guna mendukung kegiatan pengamanan Pemilu 2019, baik pemilihan legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres), yang akan memasuki masa kampanye terbuka.

"Kegiatan ini, dimulai dengan rangkaian pembentukan pengendali massa (Dalmas) mulai dari tim negosiasi, Dalmas awal, Dalmas lanjutan serta tim penindakan massa yang berujung pada tindakan anarkis. Jika negosiasi tidak berhasil dan massa justru bertindak anarkis, akan dilakukan tindak tegas sehingga proses Pemilu berjalan dengan lancar, aman, serta kondusif", ujarnya

Lanjutnya, latihan ini juga merujuk pada skenario yang telah dipersiapan sesuai dengan tahapan – tahapan sebagai berikut pengawalan Paslon Capres/Cawapres, pengamanan giat kampanye, pengamanan masa tenang dan pembersihan atribut kampanye, pengamanan pencoblosan di TPS dan pengawalan kotak suara serta pengamanan Pleno/Rekapitulasi.

“Latihan Dalmas dan simulasi Sispamkota ini harus dipersiapkan sejak dini guna menghadapi kegiatan pengamanan pesta rakyat Pemilu tahun 2019, yang akan memasuki kampanye terbuka dan menjelang pelaksanaan pemungutan suara", pungkasnya. (G)