Presiden Jokowi Harap Bendungan Kuwil Kawangkoan Cegah Banjir Bandang Manado

Presiden Jokowi Harap Bendungan Kuwil Kawangkoan Cegah Banjir Bandang Manado

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. Keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan ini akan membantu mencegah banjir besar dan juga mengairi sawah, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

"(Bendungan) memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektar yang bisa untuk nanti pembangkit listrik. Kemudian mengurangi banjir yang ada utamanya di Manado dan juga untuk pertanian, karena ini berada di atas Manado," ungkap Presiden Jokowi dikutip dari rri.co.id.com, Kamis (19/1/23).

Dalam kunjungannya Presiden Jokowi berharap, bendungan ini dapat menghindari Manado dari bencana banjir bandang seperti tahun 2014 lalu. Selain itu, bendungan Kuwil ke depan dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga (PLT) mikro hidro. Di mana dapat menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt. 

"Pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara," jelas Presiden Jokowi diiringi tepuk tangan para undangan yang hadir.