Program Police Goes To School, Personel Satlantas Polres Belu Lakukan Penyuluhan di SMAN 3 Atambua

Program Police Goes To School, Personel Satlantas Polres Belu Lakukan Penyuluhan di SMAN 3 Atambua

Tribratanewsntt.com - Melalui program Police Goes To School, personel Satlantas Polres Belu melakukan penyuluhan tertib berlalu lintas kepada pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/5/2019) kemarin.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Dikyasa Aipda Heru Setiyono, S.H., bersama beberapa personel unit Dikyasa Satlantas Polres Belu.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas AKP Shabda Purusha Putra, S.H., S.I.K., saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Jumat (3/5/2019) pagi mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan tersebut dalam rangka Operasi Keselamatan Turangga 2019, dimana penyuluhan itu untuk mengetahui larangan dalam berkendaraan bermotor

"Pengendara harus menggunakan helm SNI, kelengkapan surat-surat kendaraan, larangan menggunakan handphone (HP) saat berkendara, larangan menggunakan knalpot racing, berboncengan lebih dari satu orang dan berkendara belum cukup umur atau belum mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM)", kata AKP Shabda Purusha Putra, S.H., S.I.K.

Lanjutnya, penyuluhan seperti pelajar tidak boleh berkendara melebihi batas kecepatan yang sudah ditentukan, melawan arus dan tidak boleh mabuk-mabukkan atau menggunakan narkoba. Kalau melanggar pasti akan diberikan pembinaan atau diberi penegakkan hukum karena pelanggaran tersebut memungkinkan terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Pada intinya Kita (Kepolisian) berharap etika berlalu lintas yang sudah disampaikan dapat dilaksanakan oleh mereka (pelajar) karena keselamatan mereka adalah kebahagiaan kita semua”, harapnya.

Pada kesempatan itu juga personel Lalu Lintas membagi-bagi pamflet kepada pelajar yang isinya mengajak mereka untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

Untuk diketahui, Operasi Keselamatan Turangga tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 29 April 2019 sampai 12 Mei 2019. (G)