Respon Cepat Kapolsek Rote Timur Bantu Korban Kecelakaan Truk Terbalik

Respon Cepat Kapolsek Rote Timur Bantu Korban Kecelakaan Truk Terbalik

Rote, Nasib kurang beruntung dialami truk bak kayu bermuatan pupuk Urea yang mengalami kecelakaan di pertigaan Hoiledoh, Desa Baudale, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (20/03/2024).

Truk dengan Nomor Polisi DH 8404 G yang dikemudikan oleh Adi Ndun berawal melaju dari arah Pantai Baru menuju Ba’a dengan muatan pupuk Urea sebanyak 10 ton atau sekitar 200 karung.

Ketika sampai di tanjakan pertigaan Hoiledoh as roda patah, karena patah sehingga mobil tersebut langsung meundur kebelakang dan menambrak tiang listrik lalu terbalik sehingga seluruh muatan tumpah.

Beruntung, bersamaan dengan itu melintas Kapolsek Rote Timur IPTU Yohn F. Kotta dengan Kanit Reskrim Polsek Rote Tengah BRIPKA Ardi Sine dan Kanit Intel Polsek Rote Tengah BRIPKA Franky Bimusu.

Ketiganya langsung bertindak cepat bersama warga menyelamatkan sopir dan sekaligus membantu mengevakuasi truk untuk kembali ke posisi normal. Dengan tali dan peralatan seadanya mobil berhasil dibalikkan kembali ke posisi semula.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, tadi pas lewat kami lihat kejadian itu, kami langsung bantu dengan ajak warga sekitar untuk evakuasi truk tersebut,” ucap Kapolsek.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek juga langsung memberikan himbauan, dikatakannya dalam kecelakaan memang tidak ada yang direncanakan namun hal itu bisa dicegah dengan berbagai persiapan serta pengecekan kendaraan sebelum digunakan.

“Sebelum berkendara layaknya kita perhatikan kelengkapan dan kelayakan kendaraan yang akan kita gunakan, perhatikan secara rinci apalagi akan digunakan untuk muatan dan pastikan muatan tidak melebihi kapasitas, sangat berbahaya,” tutur Kapolsek.

Selanjutnya, Kapolsek juga menghimbau warga apabila saat berkendara bersamaan dengan mobil yang mengangkut barang berat saat ditanjakan untuk jangan merapat dibelakang mobil, pastikan mobil sudah pada posisi aman baru kita lanjutkan perjalanan.

“Kalau pas di tanjakan, depan kita ada truk muatan berat jangan dekat, usahakan jaga jarak bila perlu pastikan truk tersebut sudah di posisi aman baru kita menyusul,” tutup Kapolsek.