Satbrimoda NTT Beri Trauma Healing Bagi Anak-Anak Korban Bencana Alam di Kota Kupang

Satbrimoda NTT Beri Trauma Healing Bagi Anak-Anak Korban Bencana Alam di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Personil Satuan Brimob Daerah NTT berkerja sama dengan yayasan Qahal Family dari Jakarta memberikan trauma healing berupa bimbingan belajar dan bermain kepada anak-anak korban bencana Alam Siklon Tropis Seroja di Kota Kupang, untuk menghilangkan rasa trauma.

Kegiatan ini pun berlangsung di Aula Satbrimobda NTT di jalan Timor raya no.44 A, Kota Kupang, Minggu (11/4/2021) sore. Dengan sasaran anak-anak yang tinggal di pinggir pantai berhadapan dengan mako Satbrimob serta anak-anak dari RBC Brimob.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Bhudiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi menyampaikan, pasca bencana alam Siklon Tropis Seroja yang mengguncang wilayah NTT khususnya Kota Kupang meninggalkan luka mendalam, trauma, depresi, perasaan tertekan dan was-was bagi warga khususnya pada anak-anak.

"Siklon Tropis Seroja ini, tentu rasa traumatik menyelimuti, apalagi pada mereka yang masih anak-anak. Hal Ini karena mereka belum mampu mengontrol emosi sepenuhnya," kata Kabidhumas Polda NTT.

Personil Brimobda NTT bersama yayasan Qahal Family memberikan trauma healing itu dengan mengajak para anak-anak korban bencana alam dengan berbincang bincang, bernyanyi hingga bermain agar mereka dapat melupakan trauma akibat Badai Seroja tersebut.

"Trauma healing sangat dibutuhkan oleh anak yang menjadi korban bencana alam. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya untuk menyelamatkan masa depan mereka, agar kembali tertata dengan baik dan berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan," ungkapnya.

Ia berharap agar para orang tua dapat menjadi konselor trauma healing kepada anaknya dengan tetap bersikap tenang dan meluangkan waktu untuk bermain.

Trauma healing tersebut, akan terus berlangsung beberapa hari ke depan hingga rasa trauma yang meyerang psikologi para korban dapat berkurang.