Siaga Bencana, Kapolda NTT : Kita telah Siapkan Kompi Cadangan dari Gabungan Satuan Fungsi yang Siap 24 Jam Untuk Digerakkan

Siaga Bencana, Kapolda NTT : Kita telah Siapkan Kompi Cadangan dari Gabungan Satuan Fungsi yang Siap 24 Jam Untuk Digerakkan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka siaga bencana khususnya di wilayah NTT, Kapolda NTT menyamapikan bahwa telah menyiapkan Kompi Cadangan gabungan anggota dari Satuan Fungsi yang siap digerakkan sewaktu-waktu bila terjadi bencana alam.

"Kita telah disiapkan kompi cadangan dari gabungan anggota dari satuan fungsi yang siap 24 jam untuk digerakan apabila dibutuhkan dalam penanganan bencana", terang Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum kepada wartawan usai pelaksanaan apel Siaga Bencana di Mapolda NTT, Jumat (25/11/2022).

Selain itu, Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa telah menyiapkan personel Trauma Healing dari Biro SDM Polda NTT yang siap untuk melakukan pendampingan terhadap korban bancana.

Sementara peralatan yang dimiliki oleh Polda NTT, jenderal bintang dua ini mengungkapkan dalam keadaan kondisi baik dan siap digunakan.

"Peralatan yang dimiliki baik oleh Brimob, Samapta, Polairud, Lalu Lintas dan Dokkes semuanya dalam kondisi baik dan siap pakai dalam menghadapi berbagai kemungkinan terburuk sehubungan dengan musim penghujan ini", jelasnya.

Lanjutnya, tentunya Polda NTT juga akan berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam memberikan pertolongan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dikatakannya, kesiapan Polda NTT ini ditandai dengan apel gelar pasukan dan peralatan. Tujuannya adalah untuk menyiapkan baik personel, baik perlengkapan maupun cara bertindak di lapangan.

"Kita tahu bahwa sekarang adalah musim penghujan, dimana hujan disertai dengan angin, ya ini bisa menimbulkan bencana mulai dari yang skala kecil hingga skala besar mulai dari pohon tumbang di jalan, banjir kemudian tanah longsor dan sebagainya. Ini kami siap untuk melakukan pertolongan, pencarian termasuk memberikan pelayanan pengobatan, trauma healing dan sebagainya", pungkas Kapolda NTT.