Silaturahmi Ke FKUB Provinsi NTT, Kapolda Harap Dukungan, Bantuan dan Kerjasama

Silaturahmi Ke FKUB Provinsi NTT, Kapolda Harap Dukungan, Bantuan dan Kerjasama
Kapolda NTT berkunjung ke kantor FKUB Provinsi NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., melakukan silaturahmi dan tatap muka bersama pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (6/4/2022) pagi.

Kedatangan Kapolda NTT didampingi oleh Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., Dirbnmas Polda NTT Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo dan Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol. Jan Wynand Imanuel Makatita, S.I.K.

Kegiatan pertemuan dan silaturahmi Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., dengan pengurus FKUB Provinsi NTT ini merupakan kunjungan perdana sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kapolda NTT yang baru.

Tiba di Kantor FKUB di Jalan El Tari Kupang sekitar pukul 10.05 Wita, Kapolda NTT bersama rombongan disambut Ketua FKUB Provinsi NTT Dra. Yuliana Salosso, S.Pi., MP., bersama para pengurus dengan penggaluan kain adat khas NTT selanjutnya dipersiapkan masuk menuju ruang rapat FKUB.

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, diawali dengan penyampaian dari Ketua FKUB yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolda bersama rombongan sekaligus memperkenalkan para pengurus FKUB Provinsi NTT.

"Kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda yang baru pertama kali berkunjung ke Kantor FKUB dan kami juga sebagai pengurus ada sebagian besar yang baru. Kami juga akan mendengarkan agenda-agenda dari bapak Kapolda dan sebaliknya untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian di Provinsi NTT ini", ucap Dra. Yuliana Salosso, S.Pi., MP.

Selanjutnya dalam sambutannya, Kapolda NTT mengucapkan terimakasih atas sambutan Ketua FKUB NTT beserta para Pengurus. Dikatakannya bahwa kegiatan Silaturahmi tersebut dilaksnakana dengan tujuan untuk mempererat tali Silaturahmi dengan FKUB Provinsi NTT.

"Hal ini karena peran FKUB yang didalamnya merupakan para Tokoh Agama sangatlah penting dalam menjaga kerukunan di NTT. Disamping itu, peran Tokoh Agama sangat berpengaruh dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda NTT, khususnya disaat Pandemi Covid-19 saat ini", ucap Kapolda NTT

Kapolda NTT mengucapkan terima kasih karena situasi kerukunan beragama di NTT tetap kondusif. Polri dalam hal ini Polda NTT akan menggelar Operasi Semana Santa dalam menjelang perayaan Paskah dan Operasi Ketupat menjelang perayaan Idul Fitri.

"Kita perlu dukungan dan peran dari FKUB Provinsi NTT dalam membantu tugas Polda NTT diharapkan dapat berjalan sinergi. Selanjutnya pada perayaan Paskah dan Idul Fitri nanti agar bagian unsur Kristen, Katolik dan Islam agar mengingatkan umat masing-masing untuk senantiasa mentaati prokes dalam menjalankan ibadah dan juga mengingatkan kepada warga agar tetap mengikuti program pemerintah dalam hal ini menjalankan vaksinasi baik itu dosis kedua dan ketiga guna membentuk herd immunty di NTT ini", harapnya.

Kapolda juga mengajak FKUB Provinsi NTT agar bekerja sama dalam mendukung Polda NTT dalam memelihara Kamtibmas di Provinsi NTT.

"Tentunya sekali lagi bahwa keberadaan saya selaku Kapolda NTT memerlukan dukungan bantuan dan kerja sama, kolaborasi dan koordinasi dengan seluruh anggota FKUB Provinsi NTT yaitu bisa menginformasikan kepada kami tentang hal-hal apa saja guna menjaga situasi Kamtibmas di NTT agar tetap aman dan kondusif", ungkapnya.

Selain itu, Kapolda juga menekanan terkait kasus KDRT dan asusila yang makin marak di NTT agar menjadi perhatian bersama sehingga dapat diminimalisir sejak dini.

"Saya mengharapkan adanya kerjasama yang baik dalam membantu Polda NTT menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif", terangnya.

Diakhir arahannya, Kapolda NTT mengucapkan selamat menjalankan ibadah paskah bagi yang agama Kristen sedangkan bagi yang agama Muslim selamat menunaikan ibadah puasa.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama serta pertukaran Cinderamata berupa plakat dan buku nilai-nilai kearifan lokal NTT oleh Kapolda dan Ketua Ketua FKUB Provinsi NTT.