Supervisi di Polres Sumba Barat, Wakapolda NTT Pesan Jaga Nama Baik Institusi Polri

Supervisi di Polres Sumba Barat, Wakapolda NTT Pesan Jaga Nama Baik Institusi Polri

Tribratanewsntt.com - Usai melakukan supervisi dan evaluasi penerapan Polsek Harkamtibmas di wilayah Polres Sumba Barat Daya. Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto bersama rombongan kembali melakukan supervisi di Polres Sumba Barat, Kamis (3/11/2022).

Ikut mendampingi Wakapolda dalam supervisi ini yakni Wadireskrimum AKBP Albertus Andreana, S.I.K., Wabprov Bidpropam Polda NTT Kompol I Ketut Wiyasa dan Staf Biro Rena.

Tiba di Polres Sumba Barat, Wakapolda NTT bersama rombongan disambut hangat oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., didampingi Wakapolres Sumba Barat dan para Pejabat Utama Polres bersama seluruh Personel Polres Sumba Barat.

Dalam supervisi tersebut, Wakapolda berkesempatan bertatap muka langsung dengan para personel Polres Sumba Barat yang di gelar di aula Mapolres Sumba Barat.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kapolres Sumba Barat yang menyampaikan situasi Kamtibmas di wilkum Polres Sumba Barat dan juga membawahi Kabupaten Sumba Tengah.

Selanjutnya dalam arahannya, Wakapolda NTT mnyampaikan fisi dan misi Bapak Kapolda NTT yakni Pengabdian Polri yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat NTT.

Selain itu, Wakapolda juga menyampaikan Program Prioritas Kapolda NTT terdiri dari Penataan internal untuk membangun kultur Pori dan penataan bidang tugas pokok fungsi.

Wakapolda juga menjelaskan kriteria Polsek yang tidak melakukan Penyelidikan sesuai dengan Direktif Kapori Nomor :_ *_B/1092/REN.1.3./2021_* _Tanggal 17 Februari 2021 tentang kewenangan Polsek tertentu.

"Tugas Polri yang dikedepankan yaitu Peran Bhabinkamtibmas untuk menggalang kemitraan yang dilandasi norma-norma sosial dan budaya lokal dalam memelihara Kamtibmas serta kegiatan problem solving", ucap Wakapolda NTT.

Jenderal Bintang Satu ini pun berharap Langkah-langkah preventif harus terus dilakukan guna meminimalisir kejadian

"Dengan meningkatkan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli turjawali serta kegiatan strong point pada daerah rawan kecelakaan lalu lintas, macet dan pelanggaran lalu lintas", harapnya.

"Fungsi deteksi dini dalam penyelidikan, pengamanan dan penggalangan agar terpelihara stabilitas keamanan yang kondusif. Penyelesaian permasalahan dengan hukum adat/damai/keadilan restoratif", tambahnya.

Diakhir arahannya, Wakapolda juga menekankan para personel Polres Sumba Barat untuk selalu nama baik institusi Polri dengan tidak membuat pelanggaran sekecil apapun itu.

"Jaga nama baik institusi Polri. Dan laksanakan tugas dengan Profesionalisme dan ikhlas tanpa mengeluh. Serta tugas sebagai ladang ibadah", pintanya.

"Implementasikan program presisi, prediktif, responship, transparansi berkeadilan. Dan Aplikasikan ilmu dari Lemdik SPN, SIP, Akpol dalam Melaksanakan  tugas. Serta jaga Harkamtibmas di wilayah dengan selalu berkerjasama dengan berbagai stakeholder yang ada", tandasnya.