Syukuran HUT Ke-77, Kapolda NTT Harap Anggota Brimob Terus Tingkatkan Kemampuan dan Kesiapsiagaan

Syukuran HUT Ke-77, Kapolda NTT Harap Anggota Brimob Terus Tingkatkan Kemampuan dan Kesiapsiagaan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., menghadiri acara syukuran HUT Korps Brimob Polri ke-77 tahun 2022. Acara syukuran itu digelar di lapangan utama Satuan Brimob Polda NTT, Senin (14/11/2022) siang.

Peringatan HUT Brimob 2022 pada hari ini yang ke-77  mengusung tema "Setia Berani Ikhlas Berbakti Untuk Negeri.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, Irwasda Kombes Pol Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., dan para Pejabat Utama Polda NTT, Kapolresta Kupang Kota bersama istri, Kapolres Kupang bersama istri serta para pegurus Bhayangkari.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Provinsi NTT, Asiten I Pemprov NTT, para Pimpinan TNI, Sesepu Purnawirawan Brimob, para Forkopimda NTT dan Instansi di lingkungan Provinsi NTT, Sekda Kota Kupang serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dankorbrimob Polri Komjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom., yang dibacakan oleh Dansatbrimobda NTT Kombes Pol. Ferdinand Ukoli, S.I.K.

Selanjutnya dalam kesempatan itu juga, Kapolda NTT juga membacakan amanat dari Kapolri yang menyampaikan selamat ulang tahun ke-77 kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri dimana pun berada.

"Semoga seluruh personel korps brimob Polri selalu diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah NKRI maupun dalam melaksanakan misi perdamaian dunia. Pengabdian setiap personel korps brimob Polri sebagai Bhayangkara sejati telah menjadi bagian dari catatan sejarah didalam tubuh Polri maupun bangsa dan negara. Tidak lupa pula dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini marilah kita panjatkan doa untuk para prajurit korps brimob Polri yang telah gugur dalam tugas menjaga keutuhan NKRI, semoga diberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa", ucap Kapolda NTT.

Lanjut dikatakannya, Pada kesempatan yang baik ini, secara khusus Kapolri memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan korps brimob polri dalam berbagai pelaksanaan tugas. Dan Kapolri berharap kepada bhayangkara sejati korps brimob Polri untuk terus menjaga dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang akan dihadapi baik dalam menjaga keamanan NKRI maupun pengamanan agenda-agenda kegiatan nasional yang akan di laksanakan bersama yaitu pemilu tahun 2024, maupun agenda internasional seperti kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu pengamanan pelaksanaan KTT g20 di bali tahun 2022 dan kegiatan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi covid-19 dapat di pulihkan lebih cepat dan bisa bangkit lebih kuat. Tentunya dengan pelaksanaan tugas yang dilaksanakan dengan baik akan semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dan kecintaan masyarakat terhadap korps brimob Polri.

"Beberapa agenda yang harus kita persiapkan dan amankan bersama sama di tahun 2023 seperti kegiatan muktamar Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang akan diselenggarakan antara bulan juli dan november 2023, KTT Asean 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo Provinsi NTT, launcing program dispar Kota Palembang yakni visit palembang year 2023 dan musyawarah nasional XI gerakan pramuka tahun 2023. selain itu agenda internasional yang akan di gelar di Indonesia yaitu piala dunia Basket Fiba 2023", katanya.

Diakhir sambutannya, Kapolri juga berharap Korps Brimob Polri senantiasa berpegang teguh kepada janji, memiliki kepercayaan diri yang kuat, rela berkorban, berhati bersih, serta siap mengerahkan segenap tenaga, pikiran dan jiwa raga untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Semoga Allah SWT Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara. tetap “satya haprabu, setia kepada negara dan pimpinannya”. Dirgahayu Korps Brimob Polri Ke-77“Sikap dan Tindakan Brimob harus dan hanya berorientasi kepada kepentingan Bangsa dan Negara” .“Negara Hadir dan
negara tidak boleh kalah”. “Brimob Untuk Indonesia”Salam Brigade", tutupnya.

Usai membaca amanat Kapolri, Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa rasa kagum dengan penampilan Brimob.

"Brimob adalah satuan elit Polri. Elit bukan hanya memiliki kemampuan-kemampuan luar biasa melebihi dari Polisi-polisi lainnya tapi juga elit dalam sikap dan perilaku. Dimana Brimob berada harus mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat. Sehingga brimob itu dicintai dan disayangi oleh masyarakat", ungkapnya.

"Elit dalam arti kata terhormat dalam ucapan dan tindakan. Jadi elit itu mempunyai pengertian yang sangat luas. Profesional di bidang tugasnya, tapi juga elit dalam arti sikap dan perbuatan serta tutur kata yang mulia. Ini Yang harus perlu kita tanamkan sebagai warga brimob", tambahnya.

Dijelaskan bahwa Brimob selalu menjadi andalan Polri di dalam menghadapi gangguan Kamtibmas dalam negeri.

"Dalam konteks Brimob NTT sudah banyak di tugaskan dalam berbagai penugasan - penugasan operasi. Baik operasi dalam negeri maupun di luar negeri. Di dalam menghadapi event nasional maupun internasional kedepannya. Saya harap Brimob terus harus meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan", jelasnya.

Kapolda juga menegaskan kepada personel Brimob untuk selalu bersinergis dengan seluruh komponen bangsa baik itu unsur TNI, Pemerintah Daerah, dengan pontensi-pontensi masyarakat baik Tokoh pemuda, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lainnya.

"Maka itu harus bagun komunikasi publik yang baik antara brimob dengan seluruh komponen bangsa ini, sehingga dengan persatuan dan kesatuan kekuatan kita akan berlipat ganda didalam mengamankan daerah NTT", pintanya.

"Saya ucapkan selamat hari ulang tahun Brimob ke 77 kepada seluruh keluarga besar Brimob Polda NTT dan saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas prestasi, atas kinerja yang sudah di torehkan oleh Brimob NTT di dalam mendukung Polda NTT bahwa di dalam mendukung pembangunan NTT secara umum dan saya minta agar ini dipertahankan dan ditingkatkan sehingga nama brimob tetap menjadi kebanggaan Polri dan juga masyarakat. Sekali lagi dirgahayu Brimob Polri sukses selalu", tandasnya.

Acara Syukuran ini juga ditandai dengan Pemotongan Tumpeng oleh Kapolda NTT bersama Ketua Bhayangkari NTT didampingi Dansatbrimobda NTT Kombes Pol. Ferdinand Ukoli, S.I.K., dan istri.

Kemudian Potongan tumpeng itu diserahkan kepada ASN Brimobda NTT tertua yakni Pengatur Tingkat I Marthen Letuna didampingi Istri.

Diketahui Bapak Marthen Letuna telah mengabdi di brimob selama 33 Tahun dan akan memasuki masa purna bakti pada Bulan Maret 2023. Selanjutnya dalam kegiatan yang sama juga diserahkan potongan tumpeng kepada Personel Brimob Polwan termuda yakni Briptu Rosa Da Lima Koten dengan umur 25 tahun.