Tiba di Kupang, Kapolda NTT Sambut kedatangan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia

Tiba di Kupang, Kapolda NTT Sambut kedatangan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., menyambut kedatangan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo di Bandara El Tari Kupang, pada Selasa, (26/7/2022)

Tampak hadir juga dalam penyambutan itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat, Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Ketua DPRD Provinsi NTT Emi Nomleni dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Kedatangan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dalam rangka menghadiri acara syukuran 25 tahun imamat Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang pada hari Rabu (27/7).

Dalam penyambutan itu, Gubernur NTT berkesempatan menyelempangkan kain tenun ke pundak Duta Besar Vatikan untuk Indonesia.

Diketahui bahwa Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr telah 25 tahun menggembalakan umat Katolik Keuskupan Agung Kupang dan acara misa syukur akan digelar di Gereja Santa Maria Assumpta Kupang.

Menurut hukum gereja dalam Kitab Hukum Kanonik, seorang uskup diharapkan mengajukan pengunduran diri dari jabatan jika telah berusia 75 tahun atau sudah tidak bisa menjalankan tugas dengan baik karena alasan kesehatan atau alasan lain yang berat.

Atas dasar itulah Uskup Agung Kupang menulis surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Paus Fransiskus di Vatikan.

Jika disetujui maka Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang akan menjadi Emeritus dan Paus Fransiskus akan menunjuk uskup baru bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Kupang.