Tiba di Polres Sumba Barat, Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Disambut Dengan Dua Tarian Adat

Tiba di Polres Sumba Barat, Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Disambut Dengan Dua Tarian Adat
Kapolda bersama Bhayangkari Daerah NTT tiba di Mapolres Sumba Barat disambut dengan Tarian Adat

Tribratanewsntt.com - Usai melakukan serangkaian kunjungan kerja di lingkup Polres Sumba Barat Daya, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Henny Setyobudi melakukan kunjungan ke wilayah Polres Sumba Barat, Jumat (1/4/2022) pagi.

Tiba di Mapolres Sumba Barat sekitar 09.10 Wita setelah menempuh perjalanan darat dari Kabupaten Sumba Barat Daya, Kapolda NTT didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan tarian adat Kataga dan Woleka yang dibawakan oleh sembilan orang penari dan empat orang penabu gong (musik tarian).

Tari Kataga adalah salah satu tarian tradisional sejenis tarian perang khas Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini biasanya dimainkan oleh penari pria dengan menggunakan kostum adat dan dilengkapi senjata seperti pedang dan tameng.

Tari Kataga merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di NTT, khususnya di Sumba Barat yang merupakan tempat asalnya. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam berbagai acara adat, penyambutan, atau pertunjukan budaya.

Sedangkan, Tari Woleka adalah tarian penjemputan tamu dari Sumba Barat Daya yang diadaptasi dari budaya-indonesia. Tarian ini biasanya dimainkan oleh beberapa penari pria dan wanita dengan gerakan sangat khas. Tari Woleka merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu penting, festival budaya dan pertunjukan seni.

Usai menerima dua tarian adat Sumba, Kapolda NTT bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan pengalungan Kain adat oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., dan Ketua Bhayangkari Cabang Sumba Barat Ny. Kadek Agung Wirata.

Kemudian dilanjutkan dengan Jajar Kehormatan oleh 1 regu Dalmas Satsamapta Polres Sumba Barat dan sapaan perkenalan oleh pejabat utama Polres dan Para Kapolsek Polres didampingi ibu Bhayangkari yang berbaris rapi hingga lobby Mapolres.

Sampai di lobby Mapolres, Kapolda NTT bersama Ketua Bhayangkari Daera NTT disambut dengan pengalungan Kain adat oleh Forkopimda yang terdiri dari Bupati Sumba Barat Yohanes Dade, S.H., Wakil Bupati Sumba Barat Jon Lado Bora Kabba, S.Pd., Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa, Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Czi Rahadiam Fernandi,S.Hub.Int., Kajari Sumba Barat Bintang Latinusa Yuzvantere, S.H., Wakil Ketua DPRD Sumba Barat Lukas Lebu Gallu, S.H., Ketua DPRD Sumba Tengah Drs.Tagela Ibisola, Ketua Pengadilan diwakilkan Hakim Negeri Waikabubak Robypanggi Hutan, S.H., Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Sumba Barat Drs. Imanuel M. Anie, M.Si., danKadis Kesehatan Sumba Barat Drg.Bonar B. Sinaga, M.Kes., dilanjutkan dengan berbicang mengenai perkembangan Situasi kamtibmas, penanganan covid-19 serta pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Lobby Mapolres.

Kedatangan orang nomor satu di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat ini dalam rangka kunjungan kerja yang juga didampingi oleh Ibu Karolog Ny. Andi Natalis Fauziyah dan Koorspripim Polda NTT Kompol Heffri Dwi Irawan, S.H., S.I.K., Selanjutnya, Kapolda NTT akan melakukan serangkaian kegiatan yang sudah dijadwalkan.