Tim Kesehatan Polda NTTTerus Berupaya Memberikan Pelayanan bagi Para Pengungsi Erupsi Gunung Lewotobi

Tim Kesehatan Polda NTTTerus Berupaya Memberikan Pelayanan bagi Para Pengungsi Erupsi Gunung Lewotobi

Tribratanewsntt.com - Tim kesehatan dari Biddokes Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Dokkes Polres Flores Timur (Flotim) terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan bagi para pengungsi dan personel posko bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan sistem tenda ke tenda di tempat-tempat pengungsian dan dipimpin oleh IPTU dr. Richard N. bersama anggota kesehatan lainnya. Pelayanan mencakup pengecekan kesehatan, pemeriksaan, pemberian obat, dan masker.

Salah satu aksi nyata tim kesehatan terjadi pada Rabu (10/1/2024), ketika lansia bernama Michael K. Belolon (86 tahun) mendapatkan pelayanan kesehatan dengan melakukan pergantian kateter, melepas, dan pemasangan yang baru.

IPTU dr. Richard menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan bagi pengungsi merupakan tugas kemanusiaan yang harus dilakukan, dan Polri tetap komitmen memberikan pelayanan terbaik. "Kesehatan masyarakat adalah prioritas kami," ucapnya.

Berdasarkan pemeriksaan, beberapa keluhan umum yang dihadapi oleh warga pengungsi adalah batuk, pilek, demam, dan nyeri badan. Tim kesehatan tidak hanya memberikan pelayanan medis tetapi juga memberikan informasi dan edukasi terkait kesehatan. Selain itu, mereka secara rutin mengimbau agar semua pengungsi tetap menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan.

Dalam situasi sulit pasca-erupsi Gunung Lewotobi, kehadiran tim kesehatan ini menjadi bentuk konkret dari sinergitas dan kepedulian aparat keamanan terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan.