Tingkatkan Kemapuan Dalmas Dalam Rangka Pengamanan PSU Pilkada Sabu Raijua, Unit K9 Ditsamapta Polda NTT Pun Dikerahkan

Tingkatkan Kemapuan Dalmas Dalam Rangka Pengamanan PSU Pilkada Sabu Raijua, Unit K9 Ditsamapta Polda NTT Pun Dikerahkan

Tribratanewsntt.com - Personel Ditsamapta Polda NTT menggelar latihan guna meningkatkan kemampuan dalam penggunaan peralatan dalmas di Lapangan Mapolda NTT. Dalam latihan ini, Unit K9 (Anjing Pelacak Polri) pun dikerahkan. Senin (17/5/2021).

Latihan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemungutan Suara Ualng Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah Kabupaten Sabu Raijua. 

Kegiatan latihan Dalmas ini dipimpin langsung Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Djoni M. Siahaan dan disaksikan langsung oleh Kapolda NTT serta Pejabat Utama Polda NTT.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT bersama Pejabat Utama menyaksikan langsung peragaan kemampuan anjing pelacak Polri (K9) dalam menangkap kriminal serta kemapuan menemukan bahan berbahaya seperti obat terlarang atau bahan peledak)

Dirsamapta Polda NTT mengatakan, peningkatan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam rangka menghadapi pengamanan PSU Pilkada di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

"Latihan Dalmas ini untuk mengantisipasi pengamanan massa dalam menghadapi PSU Sabu Raijua nanti. Persiapan antisipasi jika terjadi demo massa, baik pada tahapan pemungutan suara maupun pasca pemungutan suara," jelas Kombes Pol. Djoni M. Siahaan.

"Selain untuk meningkatkan kemampuan personel supaya anggota lebih mahir dan profesional dalam pelaksanaan tugas dilapangan khususnya pengamanan massa, baik itu tingkatan paling awal hingga tingkat lanjutan yang menjurus ke aksi anarkis", tandasnya.

Terpisah, Kapolda NTT menyatakan bahwa, Polda NTT akan menghadapi kegiatan pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada di wilayah Kabupaten Sabu Raijua yang telah ditetapkan oleh KPU NTT pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang.

Terkait hal itu, Ia berharap agar seluruh Personel Polda NTT mempersiapkan kemampuan serta peralatan yang dibutuhkan guna mengawal seluruh tahapan PSU sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib.

"Kita akan menghadapi satu event lagi, yaitu, PSU Pilkada di wilayah Kabupaten Sabu Raijua. Ini harus kita kawal dengan sungguh-sungguh sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib", kata Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.