Wakapolda NTT Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Calon Anggota Polri T.A. 2021

Wakapolda NTT Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Calon Anggota Polri T.A. 2021
Wakapolda NTT Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Calon Anggota Polri T.A. 2021

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si., memimpin kegiatan pengambilan Sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Calon Anggota Polri T.A. 2021 Panda Polda NTT, Selasa (13/4/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di rupatama Mapolda NTT ini dihadiri juga oleh Karo SDM Polda NTT, Kabidkum Polda NTT, Kabidhumas Polda NTT, Auditor Madya Tingkat III Polda NTT, Kasubdit Kesemapta Biddokkes Polda NTT, Kasubdit Watprof Bidpropam Polda NTT, Panitia Internal dan Eksternal Penerimaan Anggota Polri T.A. 2021, Perwakilan Orang Tua Casis dan Perwakilan Casis.

Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini merupakan komitmen panitia seleksi dan peserta seleksi, jadi bukan hanya bersifat ceremonial belaka akan tetapi sebagai pertanggung jawaban moral guna mewujudkan pelaksanaan sistem seleksi yang baik dan transparan.

Dalam sambutan Wakapolda NTT mengatakan bahwa Tahun 2021 Polri kembali menggelar rekrutmen secara nasional, baik bagi Taruna Akpol dengan peserta sebanyak 93 orang, Bintara Polri sebanyak 3.370 orang dengan Bintara Polisi Tugas Umum 3.237 orang dan Bakomsus 133 orang sedangkan Tamtama Polri sebanyak 361 orang peserta. Khusus untuk Bintara Polri, pada tahun ini dibagi dalam dua kelompok yakni Bintara Polisi Tugas Umum dan Bintara Kompetensi Khusus.

Langkah ini menyiratkan bahwa tantangan tugas yang dihadapi Polri kedepan akan semakin berat dan kompleks. Di mana kondisi ini mensyaratkan adanya SDM Polri yang unggul dan kompetitif.

"Oleh karena itu maka rekrutmen kali ini akan menjadi kesempatan emas bagi kita semua untuk mempersiapkan bibit-bibit personel Polri yang unggul dan bermoral di era Police 4.0.", ucap Wakapolda NTT.

hal ini sejalan dengan visi dan misi Polri Transformasi Menuju Polri Yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan). Untuk itu guna mewujudkan hal tersebut terus dilakukan dengan harapan penerimaan tahun 2021 dapat berjalan lebih baik dari penerimaan tahun lalu yang cukup mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan pimpinan Polri.

Polda NTT juga melakukan berbagai upaya antara lain dengan menggelar, Program rekrutmen proaktif, One day service test, dimana hasil tes akan diumumkan pada hari yang sama, Pelibatan pengawas eksternal dan pengawas internal untuk menjamin mutu hasil rekrutmen, Digitalisasi dalam penilaian test, dengan menggunakan teknologi informasi dan aplikasi komputer dan Menjalin kerjasama dengan lintas sektoral dan seluruh elemen masyarakat.

"Khusus terkait rekrutmen proaktif, perlu saya sampaikan bahwa program ini merupakan hasil kolaborasi antara Polda NTT dengan pemerintah daerah dalam menjaring, membina dan melatih putra putri daerah yang berprestasi yang diharapkan akan dapat melahirkan bibit-bibit personel Polri yang unggul dan kompetitif serta mampu melestarikan kearifan lokal", harapnya.

Kepada panitia seleksi yang telah diambil sumpah agar memegang teguh komitmen bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean.

Diakhiri Sambutannya, Wakapolda menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada pemerintah daerah, unsur pengawas, instansi terkait, panitia penerimaan, seluruh komponen masyarakat yang telah berpartisipasi dan mendukung penerimaan angota Polri terpadu Tahun Anggaran 2021.

"Mari kita kawal, mari kita awasi agar penerimaan anggota Polri di Polda NTT, dapat berjalan dengan clear and clean serta menghasilkan SDM Polri yang unggul dan kompetitif, yang mampu mewujudkan Polri yang Predikrif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi)", pungkasnya.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.