10 Orang Tenaga Vaksinator RS Bhayangkara Gelar Percepatan Vaksin di GMIT Eden Kisbaki

10 Orang Tenaga Vaksinator RS Bhayangkara Gelar Percepatan Vaksin di GMIT Eden Kisbaki

Tribratanewsntt.com - Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly Kupang terus berupaya meningkatkan pelayanan vaksinasi guna membentuk herd Immunity bagi masyarakat NTT.

Seperti yang dilakukan oleh 10 orang tenaga Vaksinator RSB Titus Uly Kupang dipimpin oleh dr. Mariana Latumenten mengunjungi GMIT Eden Kisbaki Mautapen, Manutapen, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Senin (24/1/2022) guna melakukan vaksinasi gratis bagi masyarakat dengan tetap berpatokan pada protokol kesehatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya percepatan vaksinasi dari Pemerintah Daerah NTT agar dapat membentuk Herd Immunity masyarakat di tengah pandemi Covid 19.

Saat dikonfirmasi, Selasa (25/1/2022) dr. Mariana Latumenten mengatakan bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah serta implementasi program prioritas Kapolri dalam rangka mempercepat penanganan covid-19.

"Pelaksanaan Vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi nasional agar segera mencapai kekebalan komunal atau herd imunnity dalam menghadapi pandemi covid-19", ucap dr. Mariana Latumenten.

Dikatakannya, kegiatan vaksinasi tersebut dengan sasaran masyarakat umum mulai dari Anak, remaja hingga lansia dengan target 200 perserta.

"Berdasarkan data yang kami peroleh sebanyak 154 orang masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut baik tahap I, Tahap II maupun Tahap III", ujarnya.

Dijelaskan, sebelum disuntik vaksin, peserta menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran suhu, tekanan darah, dan pengecekan 13 kriteria penyakit yang tak bisa mengikuti vaksinasi.

"Adapun rincian dari pelaksanaan kegiatan vaksin ini sebanyak 154 orang dengan rincian Vaksin Sinovac tahap I sebanyak 49 orang dan tahap II vaksin Sinovac sebanyak 69 orang dengan total tervakain sebanyak 118 orang. Sedangkan vaksin PFIZER dosis III sebanyak 36 orang", jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga tak lupa dr. Mariana Latumenten menyampaikan pesan kepada masyarakat NTT agar selalu mentaati protokol kesehatan meskipun sudah di vaksin.

"Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap menjadi yang utama. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan-kerumunan yang tidak perlu", pesannya.