13.000 Vial Vaksin Jenis Coronavac Tiba di Kupang dikawal VVIP Oleh Personil Polda NTT

13.000 Vial Vaksin Jenis Coronavac Tiba di Kupang dikawal VVIP Oleh Personil Polda NTT

Tribratanewsntt.com,- Polda NTT kembali melakukan pengawalan dan pengamanan kedatangan Vaksin Covid 19 yang ke 56 distribusikan oleh Pemerintah Pusat untuk Wilayah Provinsi NTT,Senin (27/9/2021).

Adapun Personil pengawalan Polda NTT terdiri dari 16 Personil gabungan dari Brimob 9 Personil, Lantas 6 Personil, Humas 1 Personil dan 3 Personil Intelkam Polda NTT melakukan pengawalan dan pengamanan secara VVIP dipimpin oleh Pamin 3 Sie STNK Ditlantas Polda NTT Iptu Rally Lerik didampingi Kanit 1 Subden 3 KBR Den Gegana Satbrimobda NTT Ipda Quinn Tuhuleruw.

Vaksin Covid 19 ini didatangkan dari Bandara Soekarno - Hatta Jakarta menggunakan pesawat Batik Air No.Flight : ID - 6540. Vaksin yang berjumlah 8 koli/13.000 vial tersebut didistribusikan oleh Pihak Ketiga Mitra Dinkes RI PT. Bio Farma Bandung untuk Dinkesdukcapil Provinsi NTT.

Pengamanan dan pengawalan ini dilakukan mulai dari penjemputan vaksin dari kargo Bandara El Tari Kupang menuju gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT. Untuk memaksimalkan pengamanan dan pengawalan, sejumlah kendaraan taktis roda empat dan roda dua dikerahkan dalam pengawalan ini.

"Sebelum diangkut menuju Gudang Farmasi, terlebih dahulu dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan terhadap mobil pengangkut (Mobil Box PT. Bio Farma) serta kemasan vaksin oleh Personel Brimob", ujar Iptu Rally Lerik.

Tiba di lokasi penyimpanan (Gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT), Vaksin diterima oleh Staf Gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima dari pihak ketiga PT. Biofarma kepada Dinkesdukcapil Provinsi NTT dan proses penurunan Vaksin Covid-19 dari atas Mobil Boks yang akan disimpan didalam Boks Dometic CCW 3000 AC dengan suhu mencapai 15°C hingga -25°C.

"Vaksin akan di simpan di Cool room dengan suhu 2°c hingga 8°c  untuk mengetahui vaksin tersebut dalam keadaan baik dan tidak terdapat kerusakan", tandasnya.

Seluruh rangkain kegiatan pengamanan dan pengawalan penjemputan vaksin selesai dalam keadaan aman dan lancar.