Birorena Polda NTT Selenggarakan Rakernis Perbaikan Tor/Rab dan Reviu Pagu Alokasi Anggaran Polda NTT T.A. 2022

Birorena Polda NTT Selenggarakan Rakernis Perbaikan Tor/Rab dan Reviu Pagu Alokasi Anggaran Polda NTT T.A. 2022
Birorena Polda NTT Selenggarakan Rakernis Perbaikan Tor/Rab dan Reviu Pagu Alokasi Anggaran Polda NTT T.A. 2022

Tribratanewsntt.com - Birorena Polda NTT menyelanggarakan kegiatan rakernis perbaikan TOR/RAB dan Reviu Pagu Alokasi anggaran Polda NTT T.A. 2022, Selasa (26/10/2021) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Sylvia Kupang ini dihadiri oleh 140 perserta terdiri 75 personil Polda NTT yaitu para Kasubbagren dan para Operator. Sedangkan yang hadir dari Polres ada 65 perserta terdiri dari Kabagren Jajaran Polres dan Operator.

Dalam kesempatan tersebut PS. Kabag Dalprogar Birorena Polda NTT Kompol Marsel Triogemi, A.Md., mewakili Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. D. Junaedi Supri Hartono menyampaikan Bahwa kebijakan pokok belaja tahun anggaran 2022 secara umum diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

"Jadi dalam pembangunan nasional untuk saat ini di tahun 2022 adalah untuk pemulihan ekonomi akibat dampak dari pandemi covid-19 yang masih ada saat ini", ujarnya.

Selanjutnya mendorong Produktifitas dan Kinerja SDM Aparatur, Mendukung Perlindungan kepada Masyarakat dan Pemulihan Sosial Ekonomi, Dukungan Belanja Modal untuk digitalisasi dan pemulihan Ekonomi dan Penajaman Belanja Barang dan melanjutkan Efisiensi. Meningkatkan kualitas belanja yang lebih efisien, efektif, produktif dan bermanfaat nyata bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Mendukung Pelaksanaan Reformasi Struktural di bidang Pembangunan SDM khususnya bidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial, mendukung percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur strategis yang terkait dengan pelayanan dasar dan medukung produktifitas serta mendukung reformasi birokrasi dalam rangka pelayanan Publik.

Ia juga memaparkan perbandingan anggaran sampai dengan pagu alokasi anggaran Polda NTT T.A. 2022 yang mana penyusunan Rka Polda NTT T.A. 2022 dengan menggunakan angka pagu indikatif Polda NTT T.A. 2022, dengan rincian program dan kegiatan sesuai dengan pagu yang dialokasikan mabes polri, yang berikut penyusunan RKA Polda NTT T.A 2022 mengikuti kebijakan dalam RKP 2022 dan Renja Polri, kemudian penyusunan pagu alokasi anggaran Polda NTT T.A. 2022 menggunakan angka pagu indikatif Polda NTT T.A. 2022 dan pagu RKA K/L POLRI T.A. 2022.

Perubahan alokasi belanja barang pagu alokasi anggaran T.A. 2022 pada belanja barang terdapat perubahan exercise alokasi anggaran belanja barang yang semula anggaran berada di penampungan srena polri selanjutnya didistribusikan kejajaran baik satker mabes maupun satker polda, perubahan pendistribusian belanja barang meliputi belanja barang opsnal maupun non opsnal yang diberikan secara skala prioritas, bahwa kebutuhan kegiatan skala prioritas antara lain pemenuhan terhadap usulan tunggakan di tahun 2021, wattah, pelayanan kesehatan, lidik sidik, turwali, penugasan ke ln bersifat internasional, kegiatan operasi kepolisian, duk ops polsek terluar/perbatasan dll.

Kebijakan strategi pelaksanaan anggaran operasi kepolisian pada Satker Mabes Polri dan Polda beserta Polres jajaran agar mampu dan lebih bijaksana dalam mengelola anggaran operasi kepolisian direktif Kapolri melalui mekanisme hirarki anggaran dengan mengoptimalkan anggaran kegiatan rutin kepolisan atau kegitan rutin yang ditingkatkan (kryd)
dalam rangka mendukung kegiatan rutin dan operasi kepolisian, apabila dalam tahun berjalan anggaran belum tersedia maka dapat dilakukan pergeseran antar kegiatan atau antar program sebagaimana peraturan menteri keuangan republik indonesia nomor:208/pmk.02/2020 tentang tata cara revisi anggaran.

"Bahwa alokasi anggaran kegiatan rutin kepolisan, dukopsnal dan direktif kapolda apabila telah habis maka untuk mendukung kebutuhan operasi kepolisan dapat diusulkan satu pintu melalui Sops Polri dengan mekanisme rasionalisasi serta penelitian Srena Polri dilengkapi reviu APIP Itwasum Polri", ungkapnya.

Melakukan evaluasi kinerja operasi kepolisan serta melaksanakan mapping distribusi anggaran dukopsnal dan direktif kapolri selama satu tahun anggaran berdasarkan rencana operasi yang telah disusun mabes polri dan polda sehingga alokasi anggaran yang tersedia dapat mencukupi sampai akhir tahun anggaran sesuai target yang ditetapkan dalam dokumen rka k/l satker jajaran Polri.

Evaluasi pelaksanaan anggaran dan revisi T.A. 2021.
"Revisi anggaran bukan merupakan solusi, maka semua revisi anggaran satker mabes polri dan polda jajaran yang diajukan kepada eselon I dan DJA tidak serta merta dapat disetujui apabila menimbulkan permasalahan dan berdampak pada penilaian Polri dalam pengelolaan keuangan negara", pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan perbaikan Perbaikan Tor/Rab dan Reviu Pagu Alokasi Anggaran Polda NTT T.A. 2022 Satker jajaran Polda NTT. Untuk diketahui kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 26 sampai dengan tanggal 28 Oktober 2021.